News  

Bandara I Gusti Ngurah Rai Jadi Sorotan, Koster Minta Pelayanan Naik Kelas

Badung, Balijani.id| Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai yang menjadi gerbang utama wisatawan ke Bali terus dibenahi. Senin (22/9/2025), Gubernur Bali Wayan Koster memimpin langsung Rapat Evaluasi Peningkatan Pelayanan di terminal internasional bandara, tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya pada 23 Agustus lalu.

Dalam rapat itu, Koster menekankan pentingnya perbaikan pelayanan, mulai dari antrean panjang imigrasi, lamanya pengambilan bagasi, hingga fasilitas yang belum optimal.

“Bandara ini merupakan wajahnya Bali, wajahnya Indonesia. Untuk itu, kita ingin bandara ini bagus, pelayanannya bagus, fasilitasnya juga bagus. Kita ingin mewujudkan pariwisata yang berkualitas. Jadi kita semua harus memiliki tujuan yang sama untuk Bali,” tegasnya.

Sejumlah instansi menyampaikan langkah perbaikan. Kepala Otban Wilayah IV Cecep Kurniawan menyebut Angkasa Pura telah memperluas koridor terminal, membangun connecting gate, memperbaiki toilet, serta memperkuat konsep green airport. Kepala Bea Cukai Ngurah Rai Sunaryo melaporkan adanya jalur khusus penumpang tanpa form ECD, penambahan personel, serta optimalisasi layanan antrean.

Dari sisi imigrasi, Winarko, Kepala Kantor Imigrasi Ngurah Rai, menegaskan penggunaan Autogate yang mampu memangkas waktu pemeriksaan menjadi kurang dari satu menit, serta penugasan Polsus untuk mengurai antrean. Perbaikan juga dilakukan oleh JAS Airport Services dengan menambah personel untuk mempercepat penanganan bagasi, dan GAPURA yang menerapkan sistem early bag separation serta target ketat waktu bagasi.

General Manager PT Angkasa Pura Indonesia Bandara Ngurah Rai, Ahmad Syaugi Shahab, menambahkan pihaknya menyiapkan pemasangan PLTS di atap terminal lantai empat sebagai bagian dari konsep bandara ramah lingkungan.

“Selain itu, penertiban agen transportasi bandara juga sudah dilakukan agar tidak mengganggu penumpang,” jelasnya.

Gubernur Koster mengapresiasi progres ini dan menegaskan pentingnya kolaborasi lintas sektor.

“Apa yang dilakukan saat ini merupakan komitmen bersama untuk mewujudkan pariwisata Bali yang berkualitas,” ujarnya. Seusai rapat, Koster beserta rombongan meninjau langsung layanan terminal kedatangan.

[ Editor : Sarjana ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *