Berita Sarin Gumi Nusantara
RedaksiIndeks

Polres Jembrana Gelar Sispamkota Pengamanan Pilkada 2024, Dandim Jembrana” Kami Siap Membackup”

Jembrana, Balijani.id ~ Ratusan personil Polres Jembrana siap disiagakan dalam rangka pengamanan Pilkada Serentak pada 27 November 2024 mendatang. Persiapan tersebut dirangkai dalam kegiatan apel kesiapan Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) yang digelar di GOR Krisna Jvara, Kelurahan Dauhwaru, Jembrana, Selasa (20/8/2024).

Pantauan di lokasi Sispamkota diawali apel kesiapan, kemudian dilakukan simulasi pengamanan Pilkada, mulai dengan tahapan pencoblosan suara di TPS, hingga aksi protes warga yang berujung aksi demonstrasi di depan kantor KPU. Sehingga aksi demo masa tersebut direspon dengan atraksi pengamanan dari satuan Dalmas Polres Jembrana, hingga berakhir pembubaran masa.

“Kita tetap antisipasi, kita tidak underestimate, tadi dibuktikan dengan melakukan pelatihan Sispamkota, apabila terjadi situasi kontijensi, anggota mengetahui, apa yang harus dilakukan,” tegas Kapolres Jembrana, AKBP Endang Tri Purwanto usai menggelar Sispamkota.

Dijelaskan, Polres Jembrana melaksanakan Operasi Mantap Praja Agung 2024, untuk pengamanan Pilkada Serentak tahun 2024, dengan menggelar apel kesiapan Sispamkota. Bertujuan melatih personil pengamanan, jika nanti menghadapi potensi kerawanan yang dapat muncul selama pilkada, dari tahapan pendaftaran, penetapan calon hingga tahapan pencoblosan suara.

“Dimana kekuatan personil yang dikeluarkan untuk pelatihan Sispamkota hari ini yaitu ada 300 personil yang paling besar personil digerakkan nanti pada saat pemungutan suara ada sekitar 500 personil,” kata AKBP Endang.

Diakuinya, terkait situasi politik jelang pendaftaran pasangan calon, Perwira Melati Dua ini menuturkan, suhu politik di Jembrana mulai menghangat terutama di media sosial. Namun demikian pihaknya terus melakukan patroli siber, bekerjasama dengan unsur-unsur lain, terutama Kodim 1617 Jembrana. Disamping juga melakukan Patroli Dialogis Kamtibmas (Padi Mas). Menggalang seluruh elemen masyarakat untuk tetep menjaga situasi Kamtibmas aman dan damai.

“Meskipun isu isu hoax atau berita hoax, yang tidak dapat dipertanggung jawabkan oleh akun akun bodong, itu bisa diantisipasi. Dimana masyarakat tidak mudah terprovokasi, dengan cara berdialog terus dengan semua elemen masyarakat,” jelasnya.

Selain itu, kerawanan pada tahapan pemungutan suara juga telah menjadi atensi pihaknya. Seperti 4 titik tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di Kecamatan Pekutatan, karena letak geografis TPS tersebut.

“Kalau dari titik sementara masih pada TPS sebelumnya waktu pemilu sebelumnya 2024 yakni di Kecamatan Pekutatan ada 4 TPS. Tapi untuk kerawanan-kerawanan mulai dari TPS, dari setiap tahapan kita sudah antisipasi bekerja sama dengan unsur TNI dan juga didukung dari pemerintah daerah,” katanya.

Dandim 1617/Jembrana Letkol Inf. M. Adriansyah S.I.P.,M.I.P., menambahkan, sesuai dengan arahan pimpinan, pihaknya siap membackup polres Jembrana, termasuk mendukung program Padi Mas dalam mewujudkan Kamtibmas yang aman.

Dikatakan, untuk personil TNI khususnya Kodim 1617 Jembrana mengerahkan sebanyak 70 personil, untuk membackup tugas dari kepolisian dalam pengamanan tahapan Pilkada 27 November mendatang.

“Harapan kami kegiatan Pilkada serentak ini dapat berjalan dengan lancar dan ingat Pilkada mungkin kita boleh gontok-gontokan, tapi ingat tujuan kita yang terakhir adalah NKRI untuk kebaikan kita bersama,” tegasnya.

[ Editor : Sarjana ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *