Berita Sarin Gumi Nusantara
RedaksiIndeks
News  

Seminar Sehari Bertajuk ” Membangun Jiwa Wira Usaha Bagi Mahasiswa Universitas Panji Sakti”

Caption : Rektor Universitas Panji Sakti Singaraja Dr. Drs. I Gde Made Metera, MSi,( Kanan ), Nyoman Surata, SH, M.Hum sebagai Moderator ( Tengah ), Rektor Undiknas University Frof, Dr. Ir. Nyoman Sri Subawa, ST, S.Sos, M.M, IPM ( kiri )

Singaraja, Balijani.id – Kegiatan Seminar sehari yang bertajuk ” Membangun Jiwa Wira Usaha Bagi Mahasiswa Universitas Panji Sakti diselenggarakan pada hari Sabtu, [ 16/7/2022]

Pembicara dan nasumber dalam kegiatan seminar sehari adalah Rektor Universitas Panji Sakti Singaraja Dr. Drs. I Gde Made Metera, MSi, Rektor Universitas Pendidikan Nasional ( Undiknas ), Frof. Dr. Ir. Nyoman Sri Subawa, ST, S.Sos, M.M, IPM, yang dipandu oleh moderator Nyoman Surata, SH, M.Hum.

Acara seminar dibuka oleh Ketua Yayasan KORPRI Panji Sakti Dr. Drs. I Ketut Gunawan, M.M, beliau mengatakan sesuai dengan Tema ” Membangun Wira Usaha Bagi Mahasiswa Universitas Panji Sakti ” bahwa mahasiswa sebagai agen penggerak perubahan di negeri ini yang akan memegang estafet kepemimpinan di masa mendatang harus berperan aktif untuk menjadi pelopor terbentuk perekonomian Nasional yang tangguh.

Ketua Yayasan Korpri Panji Sakti Dr. Drs. Ketut Gunawan, M.M

“Dr. Gunawan menegaskan sudah saatnya dilakukan perubahan paradigma berfikir dikalangan mahasiswa yaitu pola pikir sempit mencari kerja setelah lulus kuliah menjadi pencipta lapangan kerja berbasis pada penciptaan usaha kecil dan menengah sehingga Bangsa Indonesia dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri, untuk itu dibutuhkan pengetahuan dan kemampuan Wira Usaha yang di rintis sejak bangku kuliah ,” tegas Dr. Gunawan

Ditambahkan Dr. Gunawan mengatakan Kemampuan Wira Usaha merupakan modal dasar bagi seseorang yang ingin bergerak di bidang usaha tertentu, Ada sebagian orang yang percaya bahwa kemampuan Wira usaha adalah bakat yang dibawa sejak lahir.
Pendapat ini keliru, Wira usaha bukanlah karena faktor bakat, tetapi juga akan timbul dan terasah melalui pengalaman – pengalaman dan pelatihan – pelatihan kewirausahaan, ” Kata Dr. Gunawan.

Rektor Universitas Panji Sakti Singaraja Dr. Drs. I Gde Metera, MSi dalam pemberian materi dengan mengangkat Kebudayaan dan Wirausaha sukses dan ini special pesan untuk mahasiswa calon Wirausaha yaitu tiga ranah kebudayaan yaitu Supra Struktur, Struktur Sosial dan Infra Struktur Material.

Caption : Peserta Seminar sehari di Universitas Panji Sakti Singaraja

Dalam wirausaha ada 3 katagori yang haru diperhatikan yaitu bagaimana mengelola, mengorganisikan usaha, berani mengambil resiko, menciptakan peluang usaha baru.

Prof Nyoman Sri Subawa seorang penulis buku Entepreneurship terbaik tingkat nasional tahun 2020 dan segudang pengamanan memberikan support agar lebih dini memulai bagaimana kita belajar mengenal jati diri kita, dengan kepercayaan diri membangun peluang wirausaha.

Kegiatan seminar ikuti oleh mahasiswa dan juga kalangan pelaku UMKM di Kabupaten Buleleng dan peserta lebih dari 100 orang.

Seminar sehari ini juga dirangkai dengan penandatanganan naskah kerja kerjasama antara Undiknas University dengan Universitas Panji Sakti dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi Pendidikan, Penelitian, Pengabdian masyarakat dan penunjang Tri Darma Perguruan Tinggi.

[ TIM BJ ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *