Berita Sarin Gumi Nusantara
RedaksiIndeks

Ketua Fraksi PDI P Ngurah Arya Kantongi 9.965 Suara Ungguli Supit

Buleleng, Balijani.id ~ Secara mengejutkan perolehan suara pada pemilu legislatif 2024 di kabupaten Buleleng Bali banyak menunjukkan pergeseran meski dikandang banteng para petarungnya masih menunjukkan kekuatan suaranya di tingkat Grassroots.

Seperti Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna SH, Dari PDIP Perjuangan, dengan mengamankan Dapil Kecamatan Tejakula dengan raihan suara, tercatat mendapatkan 8.999 suara sementara, sedangan Ketua Fraksi PDI Perjuangan Ketut Ngurah Arya atau Arya Bodo yang berada di Dapil Kecamatan Gerokgak Untuk sementara unggul dan mengamankan kursi panas dengan perolehan 9.965 suara sementara.

Untuk Sementara di 9 Dapil di Kabupaten Buleleng PDI Perjuangan masih merajai perolehan kursi sementara.

Uniknya, disebutkan bahwa setidaknya di Buleleng sendiri, Empat kepala desa/perbekel yang mengundurkan diri dan lebih memilih ikut bertarung pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 mengalami nasib yang berbeda.

Para perbekel tersebut yakni Perbekel Patas, Kecamatan Gerokgak, Kadek Sara Adnyana, Perbekel Patemon, Kecamatan Seririt, Ketut Winaya, Perbekel Bungkulan, Kecamatan Sawan, Ketut Kusuma Ardana dan Perbekel Tembok, Kecamatan Tejakula, Dewa Komang Yudi Astara.

Dalam perolehan sementara, mantan Perbekel Desa Patas, Kecamatan Gerokgak I Kadek Sara Adnyana. Perolehan suaranya tak mencukupi sehingga ia berpeluang tipis menduduki kursi anggota DPRD Buleleng.

Dari data sementara penghitungan suara Pemilu 2024, Sara Adnyana memperoleh sebanyak 3.884 suara

Di Dapil Buleleng 5 Kecamatan Gerokgak tempat Sara bertarung bercokol nama Ketut Ngurah Arya Bendahara DPC PDIP Buleleng dan Ketua Fraksi PDIP di DPRD Buleleng yang memperoleh suara cukup besar, 9.965 suara sementara.

Sedangkan mantan Perbekel Desa Bungkulan Ketut Kusuma Ardana. Dari data hitung sementara Ardana mendapatkan sebanyak 3.700 suara. Perolehan ini juga menghentikannya untuk mendapat jatah satu kursi anggota dewan dari Dapil Buleleng 2 Kecamatan Sawan.

Namun Dewi Fortuna nampaknya berpihak kepada mantan Perbekel Desa Tembok Dewa Komang Yudi Astara. Yudi yang maju dari Dapil Buleleng 4 Kecamatan Tejakula memperoleh sebanyak 5.128 suara.

Didapil yang sama Ketua DPRD Buleleng ini Gede Supriatna, mendapatkan 8.999 suara sementara.

Sementara mantan Perbekel Petemon Kecamatan Seririt, diprediksi Ketut Winaya berpeluang untuk lolos masih cukup terbuka sebanyak 3.058 suara sementara bersaing ketat dengan AA Ketut Widia Putra dengan 3.086 suara dan Luh Sri Sami 3.034 suara.

Winaya dikabarkan lebih berpeluang mengingat sebaran suaranya lebih merata di semua TPS pada Dapil Seririt Buleleng 6 Kecamatan Seririt yang memperebutkan 5 kursi.

Dari hitung sementara Dapil 6 Kecamatan Seririt tiga incumbent sudah dipastikan kembali menduduki kursi dewan.

Hal itu terlihat dari perolehan suaranya yang tercatat cukup besar.Mereka yakni Caleg PDIP I Gede Odhy Busana memperoleh suara sementara sebanyak 6.108 suara,Made Jayadi Asmara dari Partai Nasdem memperoleh suara sementara sebanyak 5.888 suara, Kadek Sumardika dari Partai Demokrat mendapat 5.502 suara dan new comer dari Partai Golkar Made Suarsana memperoleh suara sementara sebanyak 2.658 suara.

Sedangkan satu incumbent yakni Gusti Made Kusumayasa diperkirakan terlempar ditengah perolehan suaranya yang cukup signifikan.

[ BT. TIM ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *