Berita Sarin Gumi Nusantara
RedaksiIndeks
News  

PN Singaraja Merayakan Hari Kemerdekaan RI Ke -78

Buleleng, Balijani.id ~ Dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78 tahun ini dengan tema “*Terus Melaju Untuk Indonesia Maju* ” Pengadilan Negeri (PN) Singaraja menyelenggarakan berbagai perlombaan.

“Perlombaannya sebenarnya bukan perlombaan yang sifatnya untuk menguji ketangkasan yang bagaimana tapi lebih bagaimana caranya kita bisa mempererat persatuan dan kekompakan di Antara kami satu keluarga besar Pengadilan Negeri singaraja.” Ujar Ketua PN Singaraja Heriyanti, S.H, M.Hum.

Disampaikan juga oleh Ketua PN Singaraja, bahwa dalam acara peringatan HUT RI ke 78 ini, ajang mempererat kebersamaan dan rileks pasca berjibaku dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dari Senin sampai Jumat.

“Nah pada hari ini pada hari kemerdekaan kita adakan perlombaan untuk sama sama istilahnya rileks healing yang hilang sejenak dengan segala hiruk pikuk pekerjaan tapi juga mau maju kekompakan ketangkasan juga,” ujarnya

Selain itu jajaran PN Singaraja juga menyiapkan berbagai hadiah untuk keluarga besar yang ada di Pengadilan.

“Kami tidak menyiapkan hadiah hadiah yang mewah mewah ini hanya bentuk kasih sayang saja dari kami, pimpinan kepada anggota semua di Pengadilan ini sengaja satu keluarga besar ya bentuk kasih sayang saja dari semua diharapkan memang berpartisipasi dan alhamdulillah sejauh ini semua sangat bergembira dengan perayaan yang walaupun sederhana tapi bagi kami sangat luar biasa,” imbuh Ketua PN yang didampingi Wakil Ketua PN I Made Bagiarta, SH, MH.

Selain itu disinggung terkait jumlah perkara yang saat ini ditangani oleh PN Singaraja

” Hingga Agustus ini yang pasti jumlah perkara karena memang range perkara kami itu kan di atas ribuan tercatat bersama perdata sekitar, 5.600. Kalau pidana di atas ratusan ya biasa lah karena menjelang akhir tahun pasti sudah di atas ribuan,” ujarnya.

Dikatakan juga setiap harinya Minimal itu per hari pihak PN Singaraja bisa menyidangkan perkara di atas 30 perkara di atas 30 Antara 40 50 per hari kita menyidangkan di luar hari Jumat kalau hari Jumat mas hakimnya.

Dihari lainnya, PN Lebih banyak fokus ke persidangan sidang lapangan untuk memeriksa objek objek sengketa perkara perdata, dan tidak ada tunggakan perkara.

“Kalau perkara tidak ada tunggakan yang ada itu dalam penyelesaian proses penyelesaian saja. Biasanya itu karena sisi pembuktiannya yang cukup sulit untuk perkara perdata, perdata maupun pidana untuk semua persidangan kami semuanya sesuai dengan jadwal persidangan sesuai sudah tepat waktu dan pelaporan.” Tegasnya.

Diterangkan lagi bahwa PN Singaraja secara sistem pelaporan sistem informasi, penelusuran perkara e ktp. Nilai cukup baik.

“Kami selalu bintang 5 ya, jadi untuk itu tidak ada tunggakan ya di kami. Penyelesaian sejauh ini dilaksanakan dengan baik oleh seluruh aparatur pengadilan di singaraja,” terangnya kembali.

Sementara, untuk SDM jumlah hakim memang untuk jumlah perkara kami cukup besar, tetapi sejauh ini bisa dijalani dengan lancar baik baik saja ya.

“Beberapa teman teman hakim juga mengikuti pelatihan pelatihan pak gusti, pelatihan terbaru, latihan hubungan industrial, kemudian ibu herma, pelatihan SPA pidana anak,” lanjutnya.

“Jadi terus peningkatan kualitas sumber daya hakim di Pengadilan negeri singaraja kita akan tingkatkan terus dan juga kasus kemudian ke kapasitas hakim dan lain lain,” imbuh Ketua PN Singaraja.

Lebih penting lagi, menurutnya adalah Untuk tahun ini PN memang berupaya keras bagaimana supaya Pengadilan Negeri singaraja ini bisa naik kelas, namun tetap menilainya ada pada pimpinan di atas dan juga dari Kementerian Dalam Negeri dan KemenPAN.

 ” Iya kalau dapat sesuatu penghargaan itu bonus yang penting itu kan pelayanan kepada masyarakat. Nah itu yang kita maksimalkan terus supaya masyarakat setidak tidaknya memperoleh layanan yang terbaik lah dari Pengadilan Negeri sendiri,” pungkasnya.[ BJ/TIM ]

#MakamahAgung

#PNDenpasar

#PNSingaraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *