Berita Sarin Gumi Nusantara
RedaksiIndeks

Golkar Bali Semakin Percaya Diri Usulkan Paket Mantra-Mulia Maju di Pilgub

Denpasar, Balijani.id ~ DPD Partai Golkar Bali semakin memantapkan dukungan atas terbentuknya Koalisi Indonesia Maju (KIM) Daerah Bali menjelang Pilkada Serentak 2024 mendatang. Apalagi di Pilkada Kabupaten Badung dan Pilkada Kabupaten Buleleng, Partai Golkar di Bali mampu mengusung calonnya secara mandiri.

Dalam rapat pleno yang dihadiri oleh Ketua dan Sekretaris DPD Partai Golkar Kabupaten/Kota, Jumat (31/5/2024), Ketua DPD Partai Golkar Bali DR. I Nyoman Sugawa Korry, SE., MM, bersama kader-kader Golkar se-Bali menyatakan dukungan riilnya terhadap pasangan DR. Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, S.E., M.Si., sebagai Bacalon Gubernur Bali dan Made Muliawan Arya, SE., MH., Bacalon Wakil Gubernur Bali (Mantra-Mulia). Dukungan ini juga berdasarkan dukungan Koalisi Indonesia Maju (KIM) Provinsi Bali plus NasDem.

“Cita-cita KIM adalah mewujudkan head to head di semua tingkatan, baik provinsi, kabupaten/kota. Kami semaksimal mungkin tidak akan melaksanakan kebijakan melawan kotak kosong. Kami di Golkar mengambil keputusan, lalu kami laporkan ke pengurus pleno DPD II sebagai perpanjangan tangan dari DPD I,” kata Sugawa Korry kepada media.

Politisi senior asal Banyuatis Buleleng ini lebih lanjut menyampaikan terdapat lima poin yang disepakati dalam rapat. Pertama, menyetujui dan mendukung terbentuknya KIM yang terdiri dari sebelas partai politik pada (24/5/2024) lalu. Kedua yakni menyetujui dan mendukung agar koalisi hanya akan mengusung bersama-sama satu paslon Pilkada Serentak 2024, baik untuk pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur; Calon Bupati-Wakil Bupati; dam Calon Wali Kota-Wakil Wali Kota.

Ketiga, lanjut Sugawa Korry dalam menghadapi Pilgub Bali 2024, mengusulkan pasangan KIM, DR. Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra sebagai Bacalon Gubernur Bali dan Made Muliawan Arya, S.E, M.H, sebagai Bacalon Wakil Gubernur Bali kepada Ketua Umum DPP Golkar.

“Kesepakatan rapat ini pun akan dilaporkan langsung kepada Ketua Umum DPP Partai Golkar dan Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu DPP Golkar. Terakhir, bahwa DPD Partai Golkar Bali kabupaten/kota se-Bali akan siap melaksanakan arahan dan keputusan DPP Golkar,” jelas Sugawa Korry yang juga dikenal sebagai Wakil Ketua DPRD Bali itu.

“Di Partai Golkar proses survei tidak dilaksanakan karena tidak ada yang disurvei, yang diberikan surat penugasan oleh DPP untuk calon gubernur ternyata tidak berproses, sehingga yang kami lakukan adalah mengusulkan nama ini,” tambah Sugawa Korry.

Seperti diketahui, sebelumnya sudah ada nama-nama yang digadang-gadang akan melaju ke Pilgub dari Partai Golkar. Ialah dirinya sendiri, I Nyoman Sugawa Korry; Wayan Geredeg; hingga Gde Sumarjaya Linggih atau Demer. DPP Partai Golkar awalnya mengutus Sugawa Korry, Wayan Geredeg, dan Sumarjaya Linggih, untuk maju di Pilkada Serentak 2024, namun Korry memutuskan maju di pemilihan Bupati Buleleng.

“Kalau saya sendiri sudah berproses survei pertama di Buleleng dan yang kedua nanti baru akan dengan paket calon wakil, kalau Pak Sumarjaya Linggih dia surat penugasannya di gubernur, tapi beliau termasuk Pak Geredeg lebih memilih tidak berproses di survei provinsi,” ungkapnya.

Sementara, lanjut Sugawa Korry, paket Mantra-Mulia sendiri tidak menjalani proses survei di Partai Golkar, sebab keduanya kandidat usulan bersama yang sudah diperhitungkan bersama 10 anggota koalisi lainnya. Meski dalam rapat pleno DPD Partai Golkar Bali dan kabupaten/kota salah satu hasilnya perihal usulan Mantra-Mulia dalam Pilkada Bali, mereka tetap akan menunggu keputusan resmi DPP Golkar.

“Dalam menghadapi pemilihan gubernur mengusulkan pasangan KIM Rai Mantra sebagai bacalon Gubernur Bali dan Made Muliawan Arya sebagai bacalon Wakil Gubernur Bali kepada bapak Ketum DPP Partai Golkar dan siap melaksanakan/menindaklanjuti apabila ketum memberi kebijakan lain,” tutup doktor lulusan Universitas Brawijaya Malang Jawa Timur tersebut.

Reporter : Sarjana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *