Berita Sarin Gumi Nusantara
RedaksiIndeks
News  

Pembukaan GENTA NUSANTARA III, Ratusan Mahasiswa Universitas Dhyana Pura Turut Serta Karnaval Wayang

Badung ( Bali ), Balijani.id ~ Jumat, 3 November 2023 Rektor Universitas Dhyana Pura Dr. I Gusti Bagus Rai Utama, S.E. MMA., M.A. yang diwakilkan oleh Dr. I Wayan Ruspendi Junaedi, S.E. M.A hadir dan turut serta membuka acara Genta Nusantara 2023 bertempat di Wantilan DPRD Badung. Pembukaan Genta Nusantara dibuka oleh Ketua DPRD Badung Dr. Drs. I Putu Parwata MK., M.M. ditandai dengan memukul alat musik Gendang Makasar, sedangkan alat musik Gentorah digetarkan oleh Kepala Dinas Kebudayaan Badung, dan alat musik Simbal dipukul oleh Bapak Dr. Wayan Ruspendi.

Pagi harinya, di lapangan Puspem Badung dipadati masyarakat yang turut serta menyaksikan Karnaval Wayang 2023, serangkaian HUT Ibukota Badung “Mangupura”. Lebih dari 150 orang Mahasiswa Undhira didaulat khusus oleh panitia untuk mengarak Wayang yang dimiliki oleh Prof. Dr. Nyoman Sedana Guru Besar bidang pedalangan ISI Denpasar serta ketua Pepadi (Persatuan Pedalangan Indonesia) Propinsi Bali.

Ditemui di sela sela aktivitas Karnaval Wayang Bapak I Gde Dhika Widarnandana, S.Psi., M.Psi., Psikolog sebagai Kepala Bagian Kemahasiswaan memaparkan bahwa bersyukur dan berterima kasih pada Tim Kerja Genta Nusantara 2023 bisa melibatkan siswa dan mahasiswa Undhira Bali dalam event ini. Dirinya juga menjelaskan mahasiswa yang terlibat dibagi menjadi 3 bagian yakni UKM Tabuh, Putra Putri Kampus untuk Fashion Show bekerja sama dengan Batik Ciprat Luwi dan Rumah Tukik Jogjakarta. Dan yang paling besar jumlahnya yakni mendukung Karnaval Wayang, yang sekaligus mengajak mahasiswa untuk ikut melestarikan Wayang, ungkapnya.

Bapak Dhika juga menjelaskan bahwa; Mahasiswa Universitas Dhyana Pura yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini berjumlah 150 orang, dimana terdiri dari Mahasiswa dari 17 Program Studi, dan dari 3 Fakultas yaitu: Fakultas Bisnis, Pariwisata, Pendidikan & Humaniora, Fakultas Kesehatan & Sains, Fakultas Teknologi & Informatika. Mahasiswa yang berpartisipasi ini mulai dari Semester I hingga semester 7. Masing-masing mahasiswa membawa wayang untuk berkeliling di sekitar PUSPEM BADUNG. Mahasiswa sangat antusias mengikuti kegiatan ini, karena ini merupakan pengalaman baru bagi mahasiswa, terutama bagi mahasiswa rantau yang berasal dari luar Bali.

I Nengah Rata Artana, S.Sn. M.Sn sebagai penggagas sekaligus sebagai Ketua Penyelenggara Genta Nusantara menjelaskan bahwa acara ini mempunyai visi Keluruhan Nusantara, sedangkan misinya mencinta seni budaya, memperkuat jati diri bangsa, serta berharap melalui kegiatan ini kita juga dapat menjalin silahturahmi, menggemakan rasa toleransi melalui kegiatan seni budaya, termasuk ekonomi kreatif yang tahun ini khusus diundang adalah para pelaku UMKM dari Jogjakarta. Kegiatan Genta Nusantara ini memberikan kesempatan bagi masyarakat dan seniman untuk mewujudkan toleransi dan silaturahmi melalui media seni dan budaya. Karena melalui hal ini dapat melakukan edukasi serta tetap mempertahankan kebudayaan Indonesia, ungkapnya penuh semangat.

Selamat Hari Ulang Tahun Ibukota Badung “Mangupura” dan Selamat Hari Wayang Nasional 2023, Sampai jumpa di Genta Nusantara IV tahun 2024.

[ BJ/NR ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *