Berita Sarin Gumi Nusantara
RedaksiIndeks

Peran Vital Pemuda dalam Mengawal Pilkada Buleleng 2024

Buleleng, Balijani.id ~ Peran pemuda dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kabupaten Buleleng dinilai sangat penting. Menyadari potensi besar yang dimiliki generasi muda, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buleleng dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Buleleng secara aktif mengajak mereka untuk berperan dalam setiap tahap proses pemilihan. Melalui berbagai kegiatan sosialisasi, KPU dan Bawaslu berupaya membangkitkan kesadaran politik di kalangan generasi muda, terutama Generasi Z dan milenial.

Dalam sebuah dialog interaktif yang digelar di Aula SMA Negeri 3 Singaraja, Jumat (6/9), Komisioner KPU Buleleng, Putu Arya Suarnata, menekankan bahwa partisipasi generasi muda akan sangat menentukan arah pembangunan daerah selama lima tahun ke depan.

“Generasi muda adalah kunci suksesnya Pilkada 2024, di mana mereka menjadi kelompok pemilih terbesar yang bisa mendorong partisipasi politik lebih tinggi,” ucap Arya.

Partisipasi mereka dianggap sangat krusial, terutama dalam menentukan tingkat keterlibatan pemilih pada tanggal 27 November mendatang.

Tidak hanya itu, Ketua Bawaslu Buleleng, Kadek Carna Wirata, juga menyoroti pentingnya kontribusi generasi muda dalam menjaga integritas dan kelancaran proses Pilkada serentak 2024.

“Generasi muda adalah agen perubahan yang dapat memastikan setiap tahapan Pilkada berjalan dengan baik. Pilkada ini bukan hanya milik KPU dan Bawaslu, tetapi juga seluruh masyarakat, terutama pemuda,” jelas Carna.

Dalam upaya mengawal proses pemilihan, Bawaslu telah membentuk Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) di setiap kecamatan, serta pengawas di tingkat desa dan Tempat Pemungutan Suara (TPS). Semua panitia ini akan terlibat aktif dalam memastikan Pilkada di Buleleng berlangsung dengan aman dan sesuai aturan.

[ Reporter : Sarjana ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *