Menu
Berita Sarin Gumi Nusantara

Cerdas Beropini

  • Bagikan

Catatan : Maleneo Bramasta

Dirut Balijani.id

Buleleng, Balijani.id ~ Pada era keterbukaan kini, setiap orang begitu mudahnya disuguhi beragam informasi. Tak hanya itu, ada beragam ide dan opini yang mengisi ruang publik kita. Semakin mudahnya kita memperoleh akses terhadap informasi, nyatanya tidak selalu membuat kita lebih pintar. Banjirnya informasi, tidak jarang hanya berdampak pada mudahnya kita menjudge sesuatu, berdasarkan kacamata kita.

Fenomena yang terjadi belakangan, adalah ramainya setiap diri menilai orang lain.Ruang-ruang publik disesaki beragam penilaian mengenai banyak hal. Setiap orang bebas memberikan opini dan pendapat. Tidak sedikit yang tiba-tiba menjadi pakar, menentukan mana yang benar dan mana yang salah, tanpa melihat cerita yang ada di sebaliknya. Alih-alih memberikan solusi, tapi justru menimbulkan perselisihan, bahkan kepada mereka yang secara fisik tidak sekalipun pernah kita temui.

Padahal dalam hidup, ada begitu banyak hal-hal yang tidak kita ketahui secara kasat mata. Ada kondisi yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Tidak tepat kiranya, bila kita mengukur kaki orang lain dengan sepatu yang kita miliki. Ada banyak ukuran yang tidak bisa kita paksakan. Ada prinsip dan nilai yang juga berbea pada masing-masing orang.

Dengan demikian, memberikan judgement atas pilihan yang diambil orang lain sama dengan memaksakan ukuran sepatu kita kepada orang lain. Oleh karena itu, tahanlah diri kita untuk tidak dengan mudah berkomentar. Sebab ada hal-hal yang memang layak untuk dikomentari, tetapi ada yang lebih layak untuk kita jadikan bahan introspeksi.

Menyibukkan diri dengan lebih banyak menilai diri sendiri adalah lebih utama dibandingkan sibuk mengomentari pilihan yang diambil oleh orang lain, apalagi tanpa memberikan solusi.

Kini, pada setiap kondisi yang terjadi di luar kita, mari lebih bijak beropini. Sebab, kita tidak pernah tahu, apa rencana Tuhan pada diri kita suatu saat nanti. Hingga kita baru tersadar saat takdir mencandai kita dengan kenyataan yang memaksa kita untuk mengambil pilihan yang berbeda dari apa yang kita yakini sebelumnya.

[ BJ/red ]

Mari kita berbenah diri, berintrospeksi

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *