Menu
Berita Sarin Gumi Nusantara

Gelar PKM Undhira, Dr. I Gusti Bagus Rai Utama: Titipkan Mahasiswa agar APIK

  • Bagikan
Ket Photo : Rektor Universitas Dhyana Pura, Dr. Ida Bagus Rai Utama. SE, M.MA.,MA

Badung, Balijani.id – Universitas Dhyana Pura melaksanakan kegiatan Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang bertempat di Jl. Raya Padang Luwih, Tegaljaya, Badung, Bali, Senin, (25/4/2022).

 

Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) ini merupakan kegiatan berkala yang dilaksanakan dengan tujuan untuk mengasah kreativitas mahasiswa Universitas Dhyana Pura. PKM tahun ini mengangkat tema “Synergy In Creation And Innovation To Be Superior” yang akan dilaksanakan pada 25-28 April 2022.

 

Pembukaan PKM yang dilaksanakan pada tanggal 25 April 2022 secara hybrid yang dihadiri oleh Rektor, Dekan, Kaprodi, dan tak ketinggalan juga perwakilan dari seluruh Ormawa, serta mahasiswa mahasiswi Universitas Dhyana Pura, baik yang mengikuti secara offline maupun online.

Caption : Universitas Dhyana Pura Melaksanakan Pekan Kreativitas Mahasiswa di. Jl. Raya Padang Luwih, Tegaljaya Badung ( 25/4/2022)

 

Adapun, kegiatan tersebut dilaksanakan pada pukul 09.00 WITA, dilanjutkan sambutan Rektor Dr. I Gusti Bagus Rai Utama, SE.,M.MA.,MA. dan Ketua Panitia. Kemudian, Doa yang dibawakan Dr. Dermawan Waruwu, M.Si sebagai tanda dibukanya PKM, lalu dimeriahkan oleh UKM Seni Suara untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Undhira, Hymne Undhira, tarian kolaborasi dari UKM Tari, Tabuh, serta Undhira Moslem Community (UMC), maupun Undhira Ambassador dengan menampilkan parade catwalk.

 

Perlu diketahui, Universitas Dhyana Pura selain mengadakan kegiatan PKM juga sekaligus melaksanakan SEMNAS yang bertemakan “Sinergitas Dunia Pendidikan Dengan Industri Untuk Mempersiapkan SDM Yang Unggul Dan Kompeten”. Dimana seminar kali ini dibawakan oleh Dr. Ni Made Diana Erfiani, S.S.,M.Hum sebagai narasumber pertama, dan Yanuar Dwi Prastyo, S.Pd.I.,M.A., Ph.D. narasumber ke dua.

 

Selanjutnya, berbagai kegiatan menarik yang dapat diikuti oleh seluruh civitas akademika Universitas Dhyana Pura. Kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu, Undhira futsal competition, talkshow inovasi dan kewirausahaan merancang business plan, webinar Undhira serasi (sehat, ramah, dan bersih), webinar nasional Hima PIK, MGT season 2, Fun games dan free show talent, hospitality contest, lomba kreativitas bebas stop fake investment flexing, acoustic competiton, webinar prospek kerja dan business plan di dunia pariwisata, lomba presenter, dan lomba video dokumenter budaya.

Caption : Universitas Dhyana Pura Melaksanakan Pekan Kreativitas Mahasiswa di. Jl. Raya Padang Luwih, Tegaljaya Badung ( 25/4/2022)

 

Acara ini turut dihadiri Ketua DPW MIO Bali, dan juga di sponsori oleh BAGO aplikasi online berbasis Transportasi Bali.

 

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Dhyana Pura mengatakan, salam teladan dan unggulan, pada hari ini Universitas Dhyana Pura menyelenggarakan Pekan Kreativitas Mahasiswa dengan tema “Synergizing Creativity and Innovation to Excellent” atau bersinergi dalam kreativitas, dan inovasi untuk mewujudkan keunggulan.

 

 

“Bersinergi dalam kreativitas dan inovasi untuk mewujudkan keunggulan bukan sebuah semboyan yang dipasang pada spanduk saja, tetapi harus dapat diwujudkan dalam tindakan, dan hasil yang nyata adanya,” ucap Dr. I Gusti Bagus Rai Utama, SE.,M.MA.,MA saat dilokasi, rilis yang di terima Balijani.id, Rabu, (27/4).

 

Dikatakan Rektor Undhira, orang yang hidupnya efektif pastinya memiliki kebiasaan yang mendorong efektivitas yang menuju karakter unggulan. Steven Covey mengurai ada 7 kebiasaan orang efektik, yakni, be proactive, begin with the end in mind, put first things first, think win-win, seek first to understand, then to be understood, synergize, sharpen the saw.

 

“Habit 7 akan membentuk pengembangan diri tanpa akhir (Globally) atau long life learner atau pribadi yang selalu belajar dari lingkungannya untuk memperbaharui karakternya. Kita yakin, dan bercaya bahwa visi Universitas Dhyana Pura yaitu, perguruan tinggi teladan, dan unggulan yang mampu membentuk sumber daya manusia, berdaya saing di tingkat nasional maupun global,” ujar Rektor Undhira.

 

Kemudian, kata Rektor, bagaimana menjadi unggulan? belajar saat orang lain sedang tidur, mulailah saat orang lain menunda-nunda, dengarkanlah saat orang lain berbicara, bersiaplah saat orang yang lain baru memikirnya, simpanlah saat orang lain menghabiskan, bertahanlah saat orang lain menyerah, putuskanlah saat orang lain masih melamun, bekerjalah selagi orang lain hanya berharap, tersenyumlah saat yang lain cemberut. Akhirnya, saya juga menitipkan pesan kepada anda semua, agar selalu APIK, karena hanya orang APIK yang mampu berdaya saing, dan bertahan dalam kondisi apapun yang sebenarnya itulah yang disebut keunggulan atau excellent.

 

“Apa itu APIK? A: Adaptif, hanya makhluk hidup yang mampu menyesuaikan diri yang akan bertahan, artinya kita harus kreatif, dan inovatif. P: Profesional, hanya orang yang professional yang mampu diterima oleh masyarakat, dunia usaha, dan dunia industri artinya, kita harus mampu beradaptasi dalam masyarakat, dunia usaha, dan dunia industri. I: Inovatif, hanya orang yang inovatif yang mampu bekerja dengan cepat artinya kita harus terus belajar, dan berlatih. K: Kreatif, tingkatan kreatif adalah ending dari kemampuan beradaptasi, profesionalitas, dan inovasi, untuk melahirkan gagasan atau temuan baru,” katanya.

 

Maka dari itu, lanjut Rektor, akhir kata ijinkan saya mengucapkan selamat menjadi generasi yang APIK. Mari kita bersinergi dalam kreativitas, dan inovasi untuk mewujudkan keunggulan.

 

“Secara resmi saya buka Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) dengan tema, Synergizing Creativity and Innovation to Excellent atau bersinergi dalam kreativitas, dan inovasi untuk mewujudkan keunggulan,” pungkas Rektor Undhira Dr. I Gusti Bagus Rai Utama usai sambutan.

Link : https://undhirabali.ac.id/

Penulis : BramMio
Editor. : Nyoman Sarjana

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *