Menu
Berita Sarin Gumi Nusantara

Fakultas Teknik UNUD Terima CSR Dari PT Baliyoni Saguna

  • Bagikan
Caption : Fakultas Teknik UNUD Terima CSR Dari PT Baliyoni Saguna

Denpasar, Balijani.id – Dekan Fakultas Teknik Universitas Udayana, Ir. I Ketut Sudarsana, S.T., Ph.D., didampingi Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan, Prof. I Nyoman Suprapta Winaya, S.T., MASc., Ph.D., menerima corporate social responsibility (CSR) dari PT Baliyoni Saguna berupa meubeler dan perangkat komputer untuk melengkapi fasilitas di dalam lab.
Technopreneurship di Fakultas Teknik CSR senilai Rp272.000.000 diserahkan langsung Komisaris PT Baliyoni Saguna, Dr. Ir. Ni Wayan Sri Ariyani, M.M.

Serah terima CSR ini mengambil lokasi langsung di Lab. Technopreneurship yang berada pada salah satu ruangan dari Gedung 4 Lantai, Advanced Reasearch Laboratory, dengan luas sekitar 4.500 m² yang pembangunan fisiknya selesai pada bulan Desember tahun 2021.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Teknik menyampaikan, Lab Technopreneurship ini sudah dibentuk sejak tahun 2019, namun baru saat ini memiliki ruangan. Pembentukan laboratorium ini diharapkan dapat membantu Fakultas Teknik menghasilkan start-up-start-up baru dari kalangan mahasiswa dan meningkatkan prestasi mahasiswa di bidang kewirausahaan sehingga meningkatkan capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Fakultas Teknik Universitas Udayana terutama IKU No.1 dan 2 tentang kualitas lulusan.

“Karena lab ini sangat berkaitan dengan information technology (IT), komputer, dan sebagainya, dan PT Baliyoni merupakan perusahaan yang memang bergerak banyak di bidang IT, maka kita mengajukan proposal agar sebagian CSR-nya diberikan ke lab kita ini,” jelas Dekan.

Laboratorium Technopreneurship merupakan sarana vital yang dimiliki Fakultas Teknik untuk menghasilkan technopreneur muda yang inovatif. Terlebih lagi di Era Industri 4.0 dibutuhkan technopreneur yang memiliki pengetahuan intelektual dan adaptif terhadap perkembangan teknologi. Fakultas Teknik melalui Lab. Technopreneurship memotori sekaligus memfasilitasi mahasiswa untuk mampu bersaing di dunia luar dan menjadi entrepreneur muda yang tangguh.

“Laboratorium merupakan tempat yang sangat baik dan layak untuk bisa menelurkan ide dan mengasah kemampuan berwirausaha,” ungkap Sudarsana, Selasa (15/3/2022), di Gedung Advanced Research Laboratory.

Di samping Lab. Technopreneurship, dalam Gedung Advanced Research Laboratory juga diperuntukkan bagi laboratorium-laboratorium research di bidang keteknikan yang lebih maju dan unggul. Mengingat saat ini kurangnya lab-lab riset yang mendukung penelitian-penelitian dosen yang lebih tinggi untuk menghasilkan luaran penelitian yang bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat dan pengembangan ilmu pengetahuan.

Pada lantai atap gedung ini akan dipasang panel surya yang bisa memenuhi kebutuhan listrik di siang hari. Pemasangan panel surya ini merupakan salah satu komitmen Fakultas Teknik Universitas Udayana dalam memanfaatkan renewable energy atau energi terbarukan guna mendukung konsep kampus hijau. (003/red )

Sumber: http://www.unud.ac.id

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *