Bahas Pengamanan Pemilu Serentak 2024, KPU Kota Denpasar Temui Kapolresta

  • Bagikan
Caption : Bahas Pengamanan Pemilu Serentak 2024, KPU Kota Denpasar Temui Kapolresta

Denpasar, Balijani.id – Menjelang pelaksanaan tahapan Pemilu Serentak tahun 2024, Kapolresta Denpasar AKBP Bambang Yugo Pamungkas, SH, SIK, MSi menerima kunjungan kerja KPU Kota Denpasar yang dipimpin langsung Ketua KPU Kota Denpasar, I Wayan Arsa Jaya, SE, Selasa (29/3/2022) di Mapolresta Denpasar.

Polresta Denpasar dikatakan akan mendukung penuh setiap tahapan pelaksanaan pemilu yang diselenggarakan KPU Kota Denpasar terkait dengan keamanan dan saat ini sudah banyak partai politik mempersiapkan diri menjelang tahapan Pemilu 2024.

“Mari kita bersama menjaga kekompakan untuk menjaga suhu politik yang tetap kondusif, namun yang namanya demokrasi tentu saja pasti ada kerawanan yang akan muncul di lapangan,” terang Kapolresta Denpasar.

Pengamanan tahapan pelaksanaan Pemilu merupakan kegiatan yang rutin digelar namun begitu Polresta Denpasar akan terus melakukan evaluasi dari apa yang sudah dilakukan tahun sebelumnya.

“Pemilu merupakan agenda nasional yang harus wajib kita amankan sehingga pelaksanaannya harus dapat berjalan dengan aman dan lancar,” tegas AKBP Bambang Yugo.

Ketua KPU dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa KPU sebagai wadah kelembagaan penyelenggaraan Pemilu dimana dukungan Polri dalam hal ini sangat penting dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilu.

“KPU sudah menetapkan tanggal pelaksanaan Pemilu yaitu pada 14 Februari 2024 dimana hal tersebut menjadi pijakan dan acuan kami dalam melakukan sinergitas kerja sama antarstakeholder terkait,” ujar Ketua KPU.

Secara nasional KPU sedang mengalami transisi, di mana pada tanggal 11 April 2022 akan ada pemilihan komisioner yang baru. Sedangkan untuk KPU kota Denpasar masa jabatan akan berakhir bulan Oktober 2023.

Ditambahkan oleh Ketua KPU bahwa tahapan awal Pemilu dimulai dengan verifikasi terhadap partai politik peserta Pemilu dimana dalam prosesnya tentu saja ada kerawanan yang akan terjadi. “Peran Polri dalam memberikan keamanan sangat penting terlebih Bhabinkamtibmas yang sangat membantu KPU untuk menyampaikan informasi terkait tahapan-tahapan pelaksanaan pemilu kepada masyarakat,” pungkas Arsa Jaya. (002)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *