Bank Sampah Sedana Kumara Sulap Sampah jadi Tabungan

  • Bagikan

Denpasar, Balijani.id – Bank Sampah Sedana Kumara yang dikelola langsung Sekaa Turana Teruni (STT) Panca Kumara, Banjar Tatasan Kaja, Tonja, Denpasar, kembali melakukan aksi untuk menghimpun sampah dari masyarakat. Kegiatan menghimpun sampah ini dilakukan di Balai Banjar Tatasan Kaja, Minggu (30/01/2022).

Ketua Pengurus Bank Sampah Sedana Kumara, I Nyoman Dedi Sutama, mangatakan bahwa kegiatan menghimpun sampah dari masyarakat ini sudah terlaksana sebanyak tiga kali yang dilangsungkan setiap dua kali dalam satu bulan.

“Saya sangat berterima kasih, dan ini diluar ekspetasi. Hal ini karena Kita termasuk Bank Sampah baru dan sudah memiliki hampir tujuh puluh nasabah,” ungkap Dedi Sutama, saat ditemui di sela-sela istirahat

Dedi Sutama, juga menjelaskan bahwa kegiatan Bank Sampah ini bertujuan untuk mendukung implementasi Peraturan Daerah (Perda) terkait pengelolaan dan penanggulangan sampah di masyarakat.

“Karena masih satu-satunya berdiri di lingkungan desa Tonja, maka saya berharap dengan hadirnya bank Sampah Sedana Kumara yang dikelola STT Panca Kumara, bisa memancing STT-STT lainya untuk ikut membuat program seperti ini agar bisa membantu pemerintah dalam pengelolaan sampah di masyarakat,” terang Dedi Sutama

Sementara itu, Ketua STT Panca Kumara, Putu Subagia Harta, mengatakan bahwa Bank Sampah Sedana Kumara ini bertujuan untuk mengumpulkan sampah sebanyak-banyak dari warga, yang kemudian keuntunganya kembali lagi ke warga dalam bentuk tabungan uang.

Selain itu, Subagia Harta, juga menjalaskan bahwa kegiatan Bank Sampah ini juga bertujuan untuk menambah aktivitas dan kreatifitas kegiatan di STT Panca Kumara.

Terakhir, ia pun berharap bahwa Bank Sampah Sedana Kumara ini dapat berkembang dan bertambah besar serta bermanfaat bagi nasabah sehingga ke depannya kami berharap dapat terbentuk yayasan. (002)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *