Berita Sarin Gumi Nusantara
RedaksiIndeks
News  

Pastikan Hewan Ternak Aman dari PMK, Polsek Klungkung Cek Peternak Sapi

Klungkung, Balijani.id – Polda Bali-Polres Klungkung, Kapolsek Klungkung Kompol Ida Bagus Putra Sumerta,S.Sos., bersama Personel Bhabinkamtibmas Desa Tojan Aiptu I Ketut Narta melakukan kunjungan ke kandang sapi milik Ketut Rupa di Sawah Medilan Subak Toya Cau Desa Tiojan Kec./ Kab. Klungkung, Sabtu (9/7/2022)

Ini dilakukan untuk memastikan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak tidak menyebar di wilayah hukum Polres Klungkung.

Kapolsek Klungkung Kompol Ida Bagus Putra Sumerta,S.Sos., mengatakan kegiatan ini sebagai langkah pencegahan dan memastikan agar PMK tidak masuk ke wilayah hukum Polres Klungkung khususnya jajaran Polsek Klungkung.

“Karena maraknya PMK atau penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak. Jadi ini sebagai langkah antisipasi agar penyakit ini tidak masuk ke kecamatan Klungkung,” ujarnya.

“Harapan kita memastikan bahwa dinas terkait akan melakukan antisipasi karena wabah ini merupakan resiko kurangnya daya tahan. Kita memastikan peternak telah dilakukan sosialisasi pencegahan wabah PMK dengan tidak sembarangan mengimpor hewan ternak dari luar wilayah yang terjangkit wabah PMK guna mengantisipasi penyebarannya,” imbuhnya.

Pada Kesempatan tersebut juga dihimbau kepada kpd pemilik Sapi, seiring merebaknya Penyakit pada Sapi PMK agar para peternak sapi selalu memperhatikan Sapi peliharaannya, apabila ada gejala Panas, mulut membuih, luka pada kuku, agar segera mendapatkan pertolongan dan menghubungi Dokter Hewan.

Ketut Rupa selaku peternak sapi mengucapkan terima kasih kepada Kapolsek Klungkung yang telah datang meninjau dan melakukan pengawasan dan pengecekan di kandang sapi miliknya.

“Saya akan terus memantau dan mematuhi apa yang menjadi himbauan dari Pemerintah Klungkung agar benar-benar terhindar dari wabah PMK,” ungkapnya.
[ 026/IGS ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *