Berita Sarin Gumi Nusantara
RedaksiIndeks

Prioritas, Waktu Dan Masa Depan

Caption: Photo Ist

Catatan : Nyoman Sarjana

Dalam perjalanan hidup yang kita lalui, sering kita abai dalam mengelola waktu. Memiliki strategi dalam manajemen waktu yang cerdas, merupakan kunci untuk meraih kebaikan-kebaikan dalam hidup, termasuk kesuksesan.

Apa yang paling banyak menyita waktu kita? Pikiran apa yang memenuhi pikiran kita setiap kali kita bangun pagi? Apa informasi yang paling kita cari? Semua bergantung pada apa yang kita rasa paling penting dalam hidup.

Setiap orang memiliki prioritas yang berbeda. Satu hal yang sama, bisa berbeda derajat kepentingannya antara satu orang dengan yang lain. Hal ini pula yang menentukan cara kita bersikap, alternatif solusi yang kita ambil, hingga rencana masa depan yang kita susun. Sedemikian pentingnya ia, sehingga setiap orang perlu berhati- hati dalam menentukan prioritas dalam hidupnya.

Kegagalan dalam menentukan prioritas bisa berimbas pada capaian yang kita raih di masa depan. Padahal telah banyak waktu dan sumber daya yang telah dikeluarkan.

Produktivitas misalnya, juga bergantung pada skala prioritas yang kita susun sebelumnya. Dengan demikian, menyusun skala prioritas sudah selayaknya kembali kita galakkan demi mengefisiensikan keterbatasan waktu yang kita miliki.

Caption: Nyoman Sarjana : CEO Balijani.id

Dalam hidup ini, mengenalkan pentingnya mendahulukan hal-hal yang benar-benar penting dalam hidup. Banyak dari kita gagal membedakan mana hal mendesak dan mana hal yang penting. Begitu banyak hal yang harus diselesaikan segera, tapi sayangnya tidak punya banyak pengaruh bagi masa depan kita. Kegiatan-kegiatan tersebut penting untuk saat ini, tapi belum tentu untuk masa depan.

Hal inilah yang kemudian membuat kita lebih sering mengabaikan hal-hal yang berguna bagi masa depan. Berapa banyak dari kita yang bekerja keras dengan serentetan tugas mendesak, sehingga mengabaikan perencanaan untuk masa delan. Juga tidak sedikit waktu yang kita buang untuk sekedar menghibur diri dengan hal-hal yang boleh jadi tidak berdampak bagi perbaikan kualitas diri dan masa depan.

Menentukan prioritas yang memiliki dampak bagi masa depan memang bukan perkara mudah. Sementara itu, menyelesaikan hal-hal mendesak dan segera juga penting untuk dilakukan.

Cobalah berhenti sejenak dan bertanya, layakkah waktu berharga kita habis untuk hal-hal yang boleh jadi tidak menambah kualitas diri dan masa depan?

Semua berpulang kepada diri kita sendiri.

Nyoman Sarjana *) CEO Balijani.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *