Berita Sarin Gumi Nusantara
RedaksiIndeks
News  

Wirottama Cup 2024, Ajang Rekrut Bibit Atlet Lokal Buleleng

Singaraja, Balijani.id ~ Dalam rangka memperingati HUT TNI ke-79, Yonif 900/SBW menggelar turnamen olahraga bertajuk Wirottama Cup 2024. Upacara pembukaan di Lapangan Makoyonif 900/SBW pada Sabtu)28/9/2024) menandai dimulainya rangkaian pertandingan voli dan sepak bola yang melibatkan klub-klub lokal di Buleleng.

Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) 900/SBW, Mayor Inf Yudhison Rianta Tarigan menjelaskan, Wirottama Cup adalah salah satu dari banyak kegiatan yang diselenggarakan TNI dalam rangka perayaan HUT ke-79 ini.

“Selain turnamen olahraga, kami juga mengadakan kegiatan sosial seperti donor darah, Karya Bakti, dan ziarah. Turnamen bola voli dan sepak bola ini dimulai hari ini, dan akan diakhiri dengan upacara puncak di Lapangan Renon pada 5 Oktober,” kata Mayor Yudhison.

Lebih lanjut, Mayor Yudhison menekankan turnamen ini hanya melibatkan klub-klub lokal Buleleng tanpa adanya pemain pinjaman dari luar.

“Tujuan utama event ini adalah memunculkan bakat-bakat lokal di bidang sepak bola dan voli. Kami berharap melalui Wirottama Cup, kita bisa menemukan bibit pemain potensial yang nantinya bisa kami dorong untuk berprestasi di tingkat daerah bahkan nasional,” ujarnya menambahkan.

Kegiatan ini juga murni untuk masyarakat, dan TNI tidak ikut serta dalam pertandingan.

“Kami sebagai penyelenggara tidak akan terlibat sebagai peserta. Ini ajang bagi masyarakat Buleleng, bukan untuk TNI,” ucapnya tegas.

Danyonif juga berharap hasil akhir yang diharapkan dari kegiatan ini adalah terciptanya sinergi antara TNI dan masyarakat, khususnya dalam upaya membina ketahanan nasional di bidang pertahanan. Selain itu, turnamen olahraga ini juga bertujuan untuk menemukan bibit-bibit atlet muda berbakat dari wilayah Buleleng.

“Jika mereka mendapatkan pelatihan yang tepat, ada potensi mereka berkembang menjadi atlet daerah, bahkan hingga ke tingkat nasional,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Umum KONI Buleleng, Ketut Wiratmaja mengapresiasi inisiatif Yonif 900/SBW untuk menggelar turnamen ini. Event ini diharapkan dapat melahirkan bibit-bibit pemain baru yang bisa menyumbangkan prestasi untuk Buleleng.

“Terima kasih kepada Yonif 900 yang telah menyelenggarakan kegiatan olahraga ini. Masyarakat Buleleng sudah lama menantikan adanya perkembangan di cabang sepak bola dan voli, yang sayangnya belum menunjukkan prestasi maksimal, termasuk di ajang pekan olahraga provinsi. Dengan adanya event ini, kami berharap dapat menjaring talenta baru yang bisa dipersiapkan untuk event besar mendatang,” ujarnya.

KONI Buleleng juga berencana menjalin kerja sama lebih lanjut dengan Yonif 900/SBW dalam mempersiapkan atlet lokal. Menurut Wirataha, ke depan pihaknya berencana mengadakan camp pelatihan di Yonif 900/SBW guna memaksimalkan potensi para atlet, terutama dalam persiapan menuju Porprov Bali.

Dengan melibatkan 32 klub voli dan 8 klub sepak bola lokal, Wirottama Cup diharapkan menjadi momentum kebangkitan prestasi olahraga Buleleng. Khususnya dalam mencetak atlet-atlet muda berbakat yang mampu mengharumkan nama daerah di kancah nasional.

[ Reporter : Sarjana ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *