Berita Sarin Gumi Nusantara
RedaksiIndeks

Wadahi Kreativitas Mahasiswa, BEM-KM Fapet Unud Adakan Kompetisi PKM 2023

Badung, Balijani.id – Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM-KM) Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Udayana (Unud) mengadakan Kompetisi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2023. Kegiatan mengambil tempat di Gedung AE Lt 1 Fapet Unud, Kampus Bukit Jimbaran, Sabtu (10/6/2023).

Gelarannya dilaksanakan secara offline dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Acara dibuka oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Informasi Dr I Nyoman Sumerta Miwada SPt MP, dan dihadiri pula oleh Sub Koordinator Kemahasiswaan I Made Dwi Novi Artawan SE, Ketua BEM beserta jajarannya, serta seluruh peserta kompetisi PKM 2023.

Kompetisi PKM 2023 ini, mengangkat tema ‘Salurkan Kreasi Ciptakan Inovasi Raih Prestasi’. Tujuan utamanya adalah mewadahi kreativitas mahasiswa khususnya di bidang peternakan, dan menghasilkan karya produk yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat.

Sebagai peserta, yakni seluruh mahasiswa Fapet Unud. Mereka terbagi ke dalam lima kelompok, yakni: Tim 1 – Penyuluhan Pemanfaatan Limbah Cangkang Telur Menjadi Pupuk Tanora di KWT Desa Bakas; Tim 2 – Penyuluhan Pembuatan Pupuk Kompos Dari Limbah Tulang Ayam Kepada PKK di Desa Nongan; Tim 3 – Pelatihan Pembuatan Telur Asin dari Telur Ayam dengan Menggunakan Tepung Cangkang Telur di Desa Babahan.

Tim 4 – Milk GoatSoap Sabun Selang, Sabun Susu Kambing Etawa dengan Ekstrak Bunga Telang, Aman dan Ramah Lingkungan; serta Tim 5 – Budidaya Larva Black Soldier Fly (Maggot) sebagai Sumber Protein Pakan Ternak Melalui Biokonversi Limbah Organik.

Sementara sebagai dewan juri adalah Dr Ir Ni Luh Gde Sumardani SPt MSi, Ir M Anuraga Putra Duarsa MRurSc, dan Ni Made Witariadi SPt MP. Sedangkan untuk hasil dari kompetisi bersangkutan yakni, Tim 5 yang diketuai Ni Made Putri Arisa sebagai Juara I, Tim 1 yang diketuai oleh Ni Made Widyantari sebagai Juara II, dan Tim 5 yang diketuai oleh Nica Ardiansyah sebagai Juara III. (adi/jon)

Sumber:
https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas3091-MENCIPTAKAN-INOVASI-DAN-TINGKATKAN-KREATIVITAS-BEM-KM-FAPET-UNUD-GELAR-KOMPETISI-PKM-FAPET-UNUD-2023.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *