Berita Sarin Gumi Nusantara
RedaksiIndeks

Kisah Pilu! Satu Keluarga di Banjar Kendal Songan A Kintamani Tinggal di Gubuk Tanpa Listrik dan Jamban

Bangli, Balijani.id ~ Kabupaten Bangli merupakan salah satu daerah yang ditarget mengentaskan kemiskinan di Provinsi Bali . Potret kemiskinan di Banjar Kendal Songan A Kintamani, Salah satu keluarga miskin adalah Jro Su (62) dan I Kade ( 60)

“Kami berdua di sini. Saya, dan kakak saya ” kata I Kade saat ditemui media Balijani di rumahnya, Rabu (15/1/2023 )

Kedua orang ini tinggal di sebuah gubuk berukuran sekitar 2 x 1,5 meter. I Kade mengungkap rumah yang ditinggalinya ini merupakan rumah keluarga.

“Tidak ada listrik, jamban apalagi dapur,” ucap I Kade

Rumah yang dihuni I Kade bersama kakak perempuan ini berdinding kayu seadanya dan seng bekas, atap terpal dan beralaskan tanah. Untuk urusan buang hajat, I Kade pun mengungkapkan lokasi pembuangannya.

“Kalau buang air besar ya di pekarangan saja ,” tutur I Kade

Dia menceritakan rumahnya selalu tergenang air saat diguyur hujan deras. Sebab, rumah keluarganya itu berdiri di tanah rendah.

“Kalau hujan lantai becek karena kemasukan air. Apalagi ini kan lantainya tanah,” terangnya.

Untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, kedua mengandalkan kerja sebagai menamam palawija saja yang ada membeli langsung ke rumahnya.

“Apalagi saya sama kakak sedang sakit, badan demam dan pendengaran kami kurang bagus,

Diwawancara terpisah, Kadus Banjar Kendal Desa Songan A Kintamani Gede Sekar , menjelaskan bahwa I Kade sudah pernah diajukan mendapat bantuan bedah rumah. Pengajuan itu bahkan sudah direalisasikan bukan di tempat tinggal ini Namum di dekat desa dan I Kade lebih suka tinggal di kebun karena tidak bolak balik, disamping lokasi terjal dan juga kondisi I Kade sudah sakit sakitan.

Dengan adanya viral di Medsos dan informasi dari anggota Yayasan Kesatria Kris Bali, Ketua Umum Yayasan Kesatria Kris Bali I Ketut Putra Ismaya Jaya ( Jro Bima ) mengintruksikan untuk segera turun untuk memberikan sumbangan dan tali kasih.

Dengan reaksi cepat Unit Yayasan Kesatria Kris Bali Kintamani di bawah komando Wayan Sarjana yang akrab disapa Cening sebagai Ketua Unit YKKB unit Kintamani, didampingi Dewan Pengawas YKKB wilayah Bangli Made Subrata, Koordinator Bidang wilayah Bangli Kadek Dwi Adnya beserta pengurus dan anggota unit Kintamani

Sebelum YKKB unit Kintamani datang ke Banjar Kendal Songan A, YKKB unit Kintamani memberikan bantuan kepada 1 keluarga yang kena penyakit Autis yang lokasinya di Banjar Serongga Songan Kintamani Bangli dengan memberikan sembako dan tali kasih yang langsung di serahkan oleh Ketua Unit YKKB Kintamani dan juga Dewan Pengawas wilayah Bangli Made Subrata.

Dalam penyerahan sembako dan tali kasih disaksikan oleh Kadus Banjar Serongga Desa Songan Kintamani Bapak Selamat dan Kadus Serongga mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Kesatria Kris Bali atas kepedulian terhadap warga kami,” Ucapnya

Kepedulian Yayasan Kesatria Kris Bali unit Kintamani menuju keluarga I Kade dengan menempuh perjalanan 1 jam dan jalan berliku dan terjal, akhirnya sampai ke rumahnya keluarga I Kade Banjar Kendal Desa Songan A Kintamani. YKKB unit Kintamani memberikan Bantuan Sembako dan tali kasih yang datangnya dari iuran pengurus dan anggota YKKB.

Dalam penyerahan bantuan sembako.dan tali kasih di saksikan oleh Kadus Kendal Desa Songan Kintamani Gede Sekar yang langsung diserahkan oleh Ketua Unit Kintamani Wayan Sarjana dan Dewan Pengawas Wilayah Bangli Made Subrata bersama pengurus dan anggota.

( BJ/TIM.]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *