Berita Sarin Gumi Nusantara
RedaksiIndeks
News, Polri  

Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Agung-2024 Polres Buleleng

BULELENG, Balijani.id ~ Pada hari Jumat, tanggal 23 Agustus 2024, pukul 08.00 WITA, Polres Buleleng menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Agung-2024 di Lapangan Taman Kota Singaraja, Jalan Ngurah Rai, Kelurahan Banjar Jawa, Kecamatan dan Kabupaten Buleleng. Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024, khususnya dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Buleleng.

Apel ini dipimpin langsung oleh Kapolres Buleleng, AKBP Ida Bagus Widwan Sutadi, S.I.K., M.H., dan dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Buleleng, Ketua KPU Kabupaten Buleleng, Ketua Bawaslu Kabupaten Buleleng, Pejabat Utama Polres Buleleng, para Kapolsek jajaran Polres Buleleng, serta pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab Buleleng. Selain itu, hadir pula Perwira, Bintara, dan ASN Polres Buleleng yang terlibat dalam Operasi Mantap Praja Agung 2024.

Peserta Apel Gelar Pasukan terdiri dari peleton gabungan TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, BPBD, dan Dinas Pemadam Kebakaran. Setelah penyematan tanda Pita Operasi, Kapolres Buleleng membacakan amanat Kapolda Bali, yang menekankan pentingnya Pilkada serentak 2024 sebagai pesta demokrasi terbesar dalam sejarah Indonesia, bahkan dunia. Pilkada serentak kali ini memiliki tantangan yang lebih kompleks dibandingkan Pemilu sebelumnya, mengingat skala dan potensi ancaman yang ada.

Dalam rangka menyukseskan Pilkada serentak di Provinsi Bali, Polda Bali beserta jajarannya melaksanakan Operasi Kepolisian dengan sandi “Mantap Praja Agung 2024” selama 116 hari, mulai dari tanggal 24 Agustus 2024 hingga tahap pengesahan calon terpilih. Pada Apel kali ini, disiapkan sebanyak 7.392 personel untuk pengamanan awal, dan akan ditingkatkan menjadi 7.527 personel Polri yang bersinergi dengan 1.253 personel TNI dan 13.454 anggota Linmas pada tahap pemungutan suara nanti.

Kapolres Buleleng juga memberikan beberapa penekanan penting dalam pengamanan Pilkada ini, yaitu:

1. Awali setiap kegiatan dengan doa dan laksanakan tugas sesuai SOP.

2. Tingkatkan kewaspadaan terhadap dinamika politik yang berkembang.

3. Jaga netralitas TNI-Polri sepanjang pelaksanaan Pilkada.

4. Tingkatkan koordinasi dan sinergisitas dengan Penyelenggara Pemilu.

5. Laksanakan upaya cooling system dan penggalangan untuk mewujudkan Pilkada yang aman dan damai.

Kapolres juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersatu padu menyukseskan Pilkada serentak dengan semangat menyama braya, sehingga tahapan Pilkada di Provinsi Bali dapat berjalan dengan baik, lancar, aman, dan damai.

Di akhir apel, Kapolres Buleleng menegaskan bahwa Apel Gelar Pasukan ini adalah wujud nyata kesiapan dan keseriusan Polres Buleleng dalam melaksanakan pengamanan Pilkada Serentak 2024. Beliau mengajak seluruh elemen masyarakat untuk tidak terpancing oleh isu-isu politik yang tidak jelas dan berpotensi memecah persatuan serta kesatuan.

Seluruh rangkaian kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Agung-2024 berakhir pada pukul 08.25 WITA, dan berlangsung dengan aman serta lancar.

Kapolres Buleleng juga menekankan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan, serta menciptakan suasana yang kondusif agar setiap warga negara dapat menggunakan hak pilihnya dengan tenang dan aman. Hindari provokasi, fitnah, dan segala bentuk kekerasan yang dapat merusak tatanan demokrasi yang telah kita bangun bersama.

[ Editor : Sarjana ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *