Berita Sarin Gumi Nusantara
RedaksiIndeks

Koster 2 Periode, Seminggu Ibu Mega Konsolidasi di Bali

Bali, Balijani.id ~ Keberadaan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri disebut sudah satu minggu lebih berada di Bali. Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto saat dikonfirmasi apakah PDI-P sudah memberikan rekomendasi untuk memajukan kembali mantan Gubernur Bali I Wayan Koster untuk Pilkada 2024

Hasto hanya menerangkan bahwa keberadaan Ketum Megawati di Bali untuk melakukan pemetaan Pilkada Bali 2024.

 “Dari Bali, saat ini Ibu Ketua Umum selama lebih dari satu minggu berada di Bali, sehingga dilakukan suatu pemetaan secara langsung di Bali,” ujar Hasto ditemui di Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (30/6/2024).

Ia menyampaikan, di Pulau Dewata itu tentu Megawati mendengarkan banyak masukan dari berbagai pihak terkait Pilkada.

Hasto juga mengatakan bahwa Megawati memetakan menentukan siapa saja sosok yang tepat dipilih untuk menjadi calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilkada Bali 2024.

 “Dan nantinya akan diputuskan oleh Ibu Ketua Umum siapa calon gubernur dan wakil gubernur yang menunjukkan perpaduan kader-kader PDI Perjuangan,”jelasnya.

Dikatakan juga bahwa PDI-P memerlukan dukungan partai politik lain untuk Pilkada Bali 2024. Meski demikian, ia tak menjelaskan lebih jauh apakah hal itu menandakan bahwa PDI-P akan memasangkan kadernya dengan kader partai politik lain untuk Pilkada Bali.

Sebelumnya, I Wayan Koster diusulkan oleh DPC PDI-P kabupaten dan kota se-Bali untuk maju kembali pada Pilkada Bali 2024. Ada yang kembali menyandingkannya dengan Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati atau Cok Ace. Ada juga yang mengusulkan Koster bersandingan Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta. Pasangan Koster-Cok Ace diusulkan oleh DPC PDI-P Gianyar, Klungkung, dan Buleleng.

Sementara Koster-Giri diusulkan oleh DPC PDI-P Badung. Kemudian, ada sejumlah DPC yang mengusulkan dua paket nama sekaligus, Koster-Ace dan Koster-Giri, yakni Kabupaten Bangli, Karangasem, Tabanan, Jembrana, dan Kota Denpasar.

Wayan Koster yang merupakan ketua DPD PDI-P Provinsi Bali menyebut, nama-nama yang diusulkan tersebut akan diserahkan ke DPP PDI-P.

Koster juga mengaku akan menyerahkan sepenuhnya keputusan ke DPP PDI-P. Termasuk dirinya yang diusulkan oleh sejumlah DPC di Bali yang berpasangan dengan Cok Ace maupun Giri Prasta.

“Koster-Ace, Koster-Giri itu akan diinventarisasi semua. Dibahas dan akan diusulkan ke DPP untuk diputuskan,” ujar Koster pada Jumat (3/5/2024).

“Nanti pasti ada mekanisme survei juga. Nanti akan diputuskan DPP,” terangnya.

Sumber : Nasional Kompas.com

Editor : Sarjana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *