Berita Sarin Gumi Nusantara
RedaksiIndeks

Maknai Hardiknas 2 Mei 2024 : Era Digital Jadi Tantangan Guru Dalam Menguasai Medsos

Denpasar, Balijani.id ~ Kepala SMK PGRI 4 Denpasar Drs. I Ketut Suarya, M.Pd mengatakan setiap tanggal 2 Mei 2024, pada momen tersebut selalu diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), serta menjadi momen penuh makna buat para guru sebagai pendidik dan pengajar.

Terkhusus buat para guru sebagai pengajar dan pendidik yang menjadi tantangan terbesar adalah di era digital ini atau di era 4.0 dan 5.0.

Dimana dunia pendidikan menghadapi tantangan yang besar yang dikarenakan karakter dan kebutuhan siswa di era digital ini sangat berbeda dengan siswa di era-era sebelumnya.

“Karena pada era ini karakter dan kebutuhan siswa lebih banyak ditonjolkan pada hal-hal yang berbau digital dan teknologi,” ucap Ketut Suarya yang juga Ketua PGRI Kota Denpasar, Selasa (2/5/2024).

Sembari menyampaikan, pada era ini siapa yang tidak mengetahui apa itu sosial media (medsos).

Tidak hanya dari kalangan orang dewasa, anak-anak berbagai usia juga sudah sangat familiar dengan berbagai jenis medsos.

Bahkan berbagai macam medsos yang saat ini sering digunakan seperti Instagram, Youtube, TikTok, Facebook, Twitter, dan lain sebagainya.

Dalam dunia pendidik, sebagai guru di era 4.0 atau 5.0 seperti sekarang ini, pastinya guru harus pintar tidak boleh ketinggalan zaman. Apalagi tidak memahami apa itu medsos.

Karena di era ini guru tidak harus menyampaikan materi atau memberikan tugas kepada siswa secara langsung atau melalui tatap muka.

“Mengingat karakteristik siswa yang bisa dikatakan sudah sangat familiar dengan medsos,” imbuhnya.

Ketut Suarya menambahkan aebagai guru yang mendidik dan mengajar generasi ini tentu saja harus selalu meningkatkan kompetensi sehingga tidak ketinggalan zaman, dan mampu menjawab kebutuhan siswa.

Apalagi standar kompetensi guru seperti yang sudah dituangkan dalam Undang-Undang nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen.

Disitu sudah tertuang ada 4 kompetensi guru diantaranya kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial.

“Semoga dalam menyambut Hardiknas 2 Mei 2024 ini peran guru sebagai pengajar dan pendidik di era digital akan lebih berperan dalam memajukan generasi muda sebagai generasi emas kedepanya,” pungkasnya.

Reporter : Budi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *