Menu
Berita Sarin Gumi Nusantara

Wujudkan Dukungan Dalam Keputusan Dan Peran Strategis Musrenbang , Pj Bupati Dr H Ahmad Rizali MA Hadir Di Kecamatan Belida Darat

  • Bagikan

Muara Enim, Balijani.id ~ Pj Bupati Dr H Ahmad Rizali MA bersama ketua PKK kabupaten serta OPD terkait hadiri Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) di kecamatan belida Darat kabupaten muara enim Sumatera Selatan ( 19/2/2024)

Sebagaimana diketahui , Musrenbang adalah salah satu tahapan dalam proses perencanaan pembangunan dengan tujuan untuk mengakomodir usulan kegiatan dengan pendekatan dari bawah keatas (Bottom Up Planning)

Dalam kesempatan tersebut , Camat belida darat , Zulchaidir Sidik, S.STP, M.Si dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan merupakan salah satu wujud dukungan dari pemerintah kabupaten terhadap rencana strategis pemerintah desa dalam wilayah kecamatan belida darat .

 ” Alhamdulillah atas kedatangan Pak Bupati dan rombongan dan juga kami selaku mewakili pemerintah desa di wilayah kecamatan Belida darat Dan juga segenap masyarakat , kami apreasiasi dan terima kasih sebagai wujud penghargaan kami dalam kegiatan menghadiri Musrenbang ini ,” Sebut Camat Zulchaidir Sidik, S.STP, M.Si diawal sambutan .

” Musrenbang merupakan agenda tahunan dimana masyarakat saling bertemu mendiskusikan masalah yang mereka hadapi, mengusulkannya dalam bentuk usulan sesuai dengan kamus usulan dari masing-masing perangkat daerah yang nantinya usulan tersebut diputuskan dan bentuk prioritas desa dan kecamatan. Ketika prioritas telah tersusun, kemudian diusulkan kepada pemerintah di level yang lebih tinggi, dan melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) usulan masyarakat kemudian dikategorikan berdasarkan urusan dan alokasi anggaran, yang nantinya akan diusulkan dalam musrenbang kabupaten ,” Lanjut Camat Zulhaidir .

PJ Bupati Muara Enim, Ahmad Rizali berharap bahwa musrenbang yang dilaksanakan bukan hanya sekedar menunaikan kewajiban yang dilaksanakan secara seremonial, tetapi harus menghasilkan perencanaan yang dapat menjadi solusi atas permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan bermasyarakat di berbagai bidang.

“: Diharapkan mampu dan dapat dimungkinkan terjadinya kesepakatan kegiatan di luar kesepakatan hasil musrenbang. Dengan demikian maka banyak kegiatan yang diusulkan melalui musrenbang tidak dapat terakomodir sejak berlakunya sistem informasi pembangunan daerah atau disingkat SIPD, usulan kegiatan harus diinput kedalam aplikasi. usulan kegiatan yang tidak terinput dalam aplikasi tidak dapat didanai dan dilaksanakan. maka dengan adanya SIPD ini sistem perencanaan menjadi lebih smart yaitu spesifik, terukur, terlaksana, memiliki dasar argumen dan tepat waktu ,” Papar Pj Bupati Dr H Ahmad Rizali MA .

Pelaksanaan musyawarah rencana pembangunan yang merupakan implementasi dari Rencana Kerja Pemerintah Daerah ( RKPD) kabupaten muara enim tahun 2025 dihadiri juga oleh Kepala Bappeda Kabupaten Muara Enim , Ir H Mat Kasrun , Tim Musrenbang Bappeda, Narasumber SKPD , Forkopimcam , Anggota DPRD Dapil 3 , Tokoh Masyarakat , TP PKK desa wilayah kecamatan , Stakeholder terkait , Para camat dan kepala desa serta para undangan dan insan pers.

[ BJ.Msd ]

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *