Berita Sarin Gumi Nusantara
RedaksiIndeks

LPPM Unud Optimalisasi Biogas kepada Gapoktan Sato Amerta Utama

Negara, Balijani.id – Universitas Udayana (Unud) melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, maupun Pengabdian Kepada Masyarakat, salah satunya yang kali ini dilakukan yaitu pengabdian kepada masyarakat di Kabupaten Jembrana.

Kegiatan Pengabdian diimplementasikan kepada masyarakat di Gapoktan Sato Amerta Utama desa Baluk, kecamatan Negara, kabupaten Jembrana oleh Tim Pengabdi LPPM Universitas Udayana, yang dikoordinir oleh Dr. I Ketut Adi Atmika, ST, MT. dan anggota I Gusti Agung Suriadi S.T., M.T. serta narasumber Prof. Dr. Tjokorda Gde Tirta Nindia bersama Mahasiswa KKN PPM XXVII Desa Baluk.

Pada kegiatan ini tim pengabdi memberikan penyuluhan pemanfaatan biogas sebagai energi atau bahan bakar mesin pengolah pupuk dan pengolah pakan ternak alternatif.

Mesin pertama adalah mesin cooper pencacah kotoran ternak dijadikan pupuk, pencacah rumput dll. Dan yang kedua adalah mesin pencacah rumput gajah bermesin dengan bahan bakar biogas, dan ketiga adalah mesin sangrai berbahan bakar biogas. Kegiatan ini juga dalam rangka dies 61 Unud, dihadiri oleh seluruh anggota Gapoktan Sato Amerta Utama Desa Baluk, anggota KWT Pitik Jaya dan Kepala Desa Baluk.

Sumber: www.unud.ac.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *