Berita Sarin Gumi Nusantara
RedaksiIndeks

Lansia Sehat Lansia Bahagia, Pengabdian Prodi Doktor Ilmu Kedokteran di Desa Celuk

Gianyar, Balijani.id Prodi Doktor Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (FK Unud) Angkatan 2023 menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) dengan tema “Lansia Sehat, Lansia Bahagia”. Kegiatan ini dilaksanakan di Wantilan Pura Dalem, Desa Celuk, Kecamatan Sukawati, pada Gianyar, pada 19 Agustus 2023.

Kegiatan pengabdian masyarakat Prodi Doktor Ilmu Kedokteran FK Unud, dimulai dari senam lansia, dan pelayanan kesehatan umum, pemeriksaan mata, dan THT. Ada juga pengobatan serta akupuntur untuk masyarakat lanjut usia di Desa Celuk. Selain itu, terdapat pula kegiatan penyuluhan dan promosi kesehatan.

Pada kegiatan penyuluhan kesehatan hadir Koordinator Prodi Doktor Ilmu Kedokteran FK Unud, Prof. Dr. dr. I Made Jawi, M.Kes. Penyuluhan yang diberikan kepada masyarakat khususnya lansia Desa Celuk dalam kesempatan itu mengenai “Pengaruh dan Efek Kapsul Ubi Ungu pada Penggunaan Sehari-hari.

Kegiatan PKM tersebut, Prodi Doktor Ilmu Kedokteran juga ingin memberikan pengetahuan baru kepada kelompok lansia di Desa Celuk, dengan mengadakan sesi promosi kesehatan. Sesi ini dimulai dengan pemaparan materi oleh dr. Ni Ketut Putri Ariani, Sp.KJ(K), dengan topik “Lansia Sehat dan Bahagia”.

Selanjutnya, pemaparan kedua oleh dr. Komang Ayu Kartika Sari, MPH, dengan topik “Posyandu Lansia“. Serta pemaparan ketiga oleh dr. Marilaeta Cindryani, M.Biomed, Sp.An-TI, Subsp.TI(K), dengan topik “Bantuan Hidup Dasar”.

Sesi promosi kesehatan ini dipandu moderator dr. I Gusti Putra Eka Santosa, M.Fis. Acara ini berlangsung lancar karena antusiasme warga yang sangat semangat dalam sesi diskusi dan tanya jawab. BJ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *