Berita Sarin Gumi Nusantara
RedaksiIndeks
News, Polri  

Cek Persiapan Pengamanan Nataru, Polres Buleleng Laksanakan Apel Gelar Pasukan

Singaraja, Balijani.id ~ Dalam rangka pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Polres Buleleng melaksanakan apel gelar pasukan operasi lilin 2022 di lapangan taman kota Singaraja. Kamis, (22/12/2022).

Apel gelar pasukan dipimpin langsung Kapolres Buleleng AKBP. I Made Dhanuardana, bersama dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng Drs. Gede Suyasa, dan dihadiri segenap unsur pimpinan daerah, TNI/Polri, para tokoh masyarakat, tokoh Agama, tokoh pemuda dan unsur komponen pengamanan lainnya.

Apel gelar pasukan yang dilaksanakan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarana prasarana, dengan harapan pengamanan dapat terselenggara secara optimal dan sinergi, sehingga perayaan Nataru mampu berjalan dengan kondusif.

Pimpinan Apel juga menyampaikan, bahwa momentum Nataru selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia di setiap penghujung tahun dengan melaksanakan berbagai kegiatan, sehingga tentunya berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat.

“untuk itu diperlukan kesiapan dalam rangka pengamanan kegiatan Nataru, agar masyarakat merasa nyaman dan aman,”ucapnya.

“khusus pengamanan ibadah Natal, pastikan setiap lokasi ibadah dilakukan sterilisasi dengan melibatkan komponen pengamanan lainnya sebagai wujud toleransi ber-Agama,” imbuhnya.

“untuk pengamanan perayaaan malam tahun baru, lakukan pengetatan izin kegiatan keramaian dengan melakukan assesmen bekerjasama dengan penyelenggara dan stakeholder terkait, terutama kegiatan-kegiatan yang melibatkan massa dalam jumlah besar. Hal ini guna mengantisipasi potensi kerumunan yang dapat menimbulkan korban,” tambahnya.

Disisi lain Kapolres Buleleng juga menyampaikan, untuk pengamanan Nataru Polres Buleleng melibatkan personel dalam rangka pam Nataru sebanyak 703 personel terdiri dari, 139 personel terseprint dalam operasi lilin agung 2022, 257 personel terseprint Pam Nataru 2022 dan 307 personel terseprint dalam KRYD (Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan),” ucapnya.

”kemudian dibentuk juga pos pengamanan yang ada di taman kota dan pos pelayanan yang ditempatkan di pasar Banyuasri, serta pos pantau ditempatkan diseluruh jajaran Polsek untuk melakukan pengamanan didaerah tempat-tempat wisata maupun tempat keramaian lainnya,” katanya.

“untuk pos pengamanan dan pos pelayanan ditempatkan personel gabungan yang terdiri dari unur Polri, TNI, Dishub, Pol PP, Dinkes, BPBD, Jasa Raharja dan Damkar sebanyak 41 orang setiap harinya, sedangkan pengamanan di Pos Pantau dilaksanakan personel Polsek,” wilayahnya tambahnya.

“diharapkan kepada seluruh masyarakat dalam menyambut Nataru agar pelaksanaannya dilakukan tidak berlebihan dan dengan tertib sehingga tercipta situasi aman dan nyaman”, tutup Kapolres.

[ BJ/GPA ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *