Menu
Berita Sarin Gumi Nusantara

Usai Lebaran Disnaker Sidoarjo Gelar Job Fair

  • Bagikan
Caption : Dinas Tenaga Kerja Sidoarjo Gelar Jobfair usai lebaran

Sidoarjo, Balijani.id – Selama pandemi Covid-19 melanda, tidak ada lagi jobfair-jobfair yang diselenggarakan oleh Pemkab Sidoarjo maupun pihak lain. Jangankan jobfair, banyak perusahaan yang justru mengurangi tenaga kerjanya agar bisa survive menghadapi dinamika pandemi.

Kabar baiknya, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Sidoarjo akan menggelar jobfair usai lebaran nanti.

“Ini jobfair pertama setelah pandemi melanda. Terakhir, kami mengadakan jobfair itu tahun 2019,” ujar Ira Krisnawati, Kabid Penempatan Tenaga Kerja, Perluasan Kesempatan Kerja, dan Transmigrasi Disnaker Sidoarjo, Sabtu (16/4).

Menurut Ira, Disnaker mentarget ada 40 perusahaan yang akan ikut serta dalam jobfair kali ini. Kebanyakan perusahaan yang bertempat di Sidoarjo.

“Tapi kalau ada perusahaan dari luar kota pun kami persilakan,” ujarnya.

Sedangkan jumlah lowongan kerja yang tersedia, Ira belum bisa memastikan. Selain saat ini sedang proses pendataan, ia juga menyadari bahwa pandemi membuat perusahaan melakukan efisiensi.

“Kalau berkaca sebelum pandemi, satu perusahaan biasanya menyediakan 5-10 lowongan kerja. Pandemi seperti ini memang membuat banyak perusahaan melakukan efisiensi. Tapi sekarang sudah menunjukkan geliat positif, kok,” jelasnya.

Sedangkan untuk pencari kerja (pencaker), pada jobfair kali ini diprioritaskan untuk warga Sidoarjo. Harapannya bisa mengurangi angka pengangguran di Kota Delta yang saat ini menempati urutan pertama kota pengangguran terbanyak di Jatim.

Para pencaker diimbau menyiapkan segala dokumen pendukung seperti KTP, ijazah, sertifikat pelatihan dan keterampilan, serta CV. Untuk proses pelamaran, Disnaker menerapkan sistem digital. Pencaker membuat akun di website siapkerja.sidoarjokab.go.id. Lalu mengunggah dokumen-dokumen pendukungnya terlebih dahulu. Begitu perusahaan sudah menginput lowongan kerjanya, pencaker tinggal apply.

“Tapi website tersebut belum bisa diakses sekarang. Akan kami buka mendekati pelaksanaan. Rencananya kami gelar tanggal 24-25 Mei 2022 di alun-alun,” imbuh Ira.

Ira juga berharap perusahaan yang ikut serta bisa langsung melakukan seleksi di alun-alun. Sehingga proses perekrutan bisa berjalan lebih cepat. Dan warga Sidoarjo segera mendapat pekerjaan yang layak.
(012/Redho/red)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *