Berita Sarin Gumi Nusantara
RedaksiIndeks

Polres Bangli gandeng KPHK & masyarakat jaga hutan konservasi Kintamani

Bangli, Balijani.id – Senin (27/6/2022), Polres Bangli kembali gandeng Kesatuan Pengelolaan Hutan Konservasi (KPHK) Kintamani dan masyarakat sekitar dlm menjaga ekosistem hutan konservasi dari kebakaran, penebangan kayu ilegal dan pembukaan hutan konservasi utk kepentingan pribadi.

Kali ini kegiatan dilaksanakan di kantor Resort Polisi Hutan KSDA Bali Timur, dihadiri KBO Sat. Intelkam Polres Bangli IPTU I KETUT SUMERTHA S.H., M.H., didampingi Kanit 4 Sat. Intelkam AIPTU NYOMAN BAGIADA, Kepala KPHK Kintamani MADE BUDIADNYANA beserta staf dan masyarakat yg selama ini memanfaatkan hutan konservasi Kintamani.

Pada kegiatan tersebut, KBO Sat Intelkam IPTU I KETUT SUMERTHA, S.H., M.H., memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya kawasan hutan konservasi bagi lingkungan dan kehidupan manusia, peran KPHK dan masyarakat sangat penting dalam melindungi kekayaan ekosistem alam dan memelihara proses ekologi maupun keseimbangan ekosistem secara berkelanjutan.

Ke depan kami mengharapkan agar tidak ada lagi pembakaran lahan, penebangan pohon secara ilegal, pembukaan lahan baru/pemanfaatan hutan konservasi yg tidak sesuai dgn peruntukannya, ujar IPTU KETUT SUMERTHA, S.H.,M.H.

Kepala KPHK Bali Timur MADE BUDIADNYANA sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Polres Bangli melalui Sat. Intelkam sebagai upaya menjaga kawasan hutan konservasi dan pihaknya berjanji akan lebih intens melakukan upaya pencegahan dan pemantauan terhadap kawasan hutan Konservasi Kintamani.

Diakui MADE BUDIADNYANA perlunya sinergitas dengan pihak Kepolisian dan masyarakat dlm menjaga keamanan dan ekosistem di kawasan hutan konservasi Kintamani yg luasnya mencapai 2000 hektar, masih banyak masyarakat yang belum menyadari dampak buruk yang ditimbulkan akibat tindakan pembebasan lahan dengan cara penebangan maupun pembakaran lahan dan pemanfaatan huyan konservasi yg bertentangan dgn undang-undang.

Disisi lain, MANGKU SETIAWAN dan sejumlah warga yg selama ini ikut memanfaatkan hutan konservasi memberikan apresiasi terhadap upaya yg dilakukan jajaran Kepolisian, pihaknya berjanji akan ikut menjaga kelestarian hutan konservasi sembari berharap aspirasi yg selama sdh disampaikan kepada pemerintah dapat ditindaklanjuti utk kelangsungan kehidupan. [ 026/IGS ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *