Berita Sarin Gumi Nusantara
RedaksiIndeks
News  

Made Sudiasa : Hari Kesaktian Pancasila Momentum Merefleksikan Kembali Nilai-Nilai Pancasila dan Semangat Nasionalisme

Caption: I Made Sudiasa Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Kabupaten Bangli

Bangli, Balijani.id ~ Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tanggal 1 Oktober 2022, menjadi momentum merefleksikan kembali nilai-nilai Pancasila. Melalui momentum ini, banyak hal yang harus dilakukan untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang tangguh di masa kini dan masa yang akan datang.

Hal itu disampaikan I Made Sudiaasa Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Kabupaten Bangli, Sabtu 1 Oktober 2022.

“ Peringatan Hari Kesaktian Pancasila menjadi momentum bagi kita semua, seluruh anak bangsa untuk merefleksikan kembali nilai-nilai Pancasila. Pancasila akan berperan sebagai tonggak untuk mencapai tujuan pembangunan bangsa dan negara,” kata Made Sudiasa

Menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila, kata Made Sudiasa, sangatlah penting, untuk memperkokoh nasionalisme, menciptakan persatuan dan kesatuan bangsa.

Dengan menguatkan kembali semangat nasionalisme, kata anggota DPRD Kabupaten Bangli kita akan mampu menghadapi tantangan baik yang berasal dari dalam (radikalisme) maupun luar (pengaruh globalisasi).

“ Nasionalisme akan menciptakan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia,” ujarnya.

“ Salah satu langkah strategis untuk meningkatkan nasionalisme adalah menanamkan nilai-nilai Pancasila dengan TSM (terstruktur, sistemik dan massif) secara konkrit. Pancasila sebagai dasar negara dan falsafah hidup bangsa Indonesia harus “dibumikan kembali” kepada seluruh rakyat Indonesia,” tuturnya.

Made Sudiasa mengatakan, seluruh bangsa Indonesia harus menyadari, Pancasila yang digali dari nilai-nilai luhur bangsa, mengandung norma-norma yang menjadi kompas dalam mencapai tujuan berbangsa dan bernegara Indonesia, sebagaimana tercantum dalam UUD 1945.

“ Dengan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, kita menegakkan berdirinya NKRI dan terwujudnya tujuan berbangsa dan bernegara,” pungkasnya.

Hari Kesaktian Pancasila, diperingati setiap tahun untuk mengenang peristiwa kelam yang pernah terjadi di Indonesia, sekaligus mengingatkan bahwa Indonesia memiliki kekuatan dalam menghadapi setiap tantangan.[ BJ/NS ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *