Jembrana, Balijani.id | Kapolres Jembrana AKBP Kadek Citra Suparwati menegaskan pentingnya kecepatan layanan Polisi 110 dalam arahannya kepada jajaran Polres Jembrana, Jumat (6/6/2025).
Acara yang berlangsung di Aula Polres Jembrana tersebut dihadiri oleh Waka Polres Jembrana Kompol I Ketut Darta, para Kabag, Kapolsek jajaran, Kasat, Kanit, serta Bhabinkamtibmas.
Dalam arahannya, Kapolres Jembrana mengingatkan bahwa fokus utama bukan pada kompetisi, melainkan pada optimalisasi layanan kepada masyarakat.
“Saya sudah sosialisasikan layanan 110 ini melalui berbagai media, tetapi saat saya cek di lapangan, respon masih terlalu lama. Ini yang harus kita perbaiki,” tegasnya.
Kapolres menyoroti waktu tempuh petugas dari Polsek menuju lokasi kejadian yang dinilai terlalu lama, sehingga dikhawatirkan laporan masyarakat tidak mendapat respon cepat. “Di Mendoyo perlu waktu 10 menit ke pasar, di Kota Jembrana 20 menit ke Yeh Kuning. Artinya, kalau hanya perjalanan saja sudah memakan waktu, bagaimana dengan proses lainnya?” ujarnya.
Ia juga meminta jajaran Polsek untuk terus mensosialisasikan layanan 110 dan menekankan pentingnya patroli barcode yang dilaksanakan dan dilaporkan secara optimal. “Patroli barcode minggu lalu hanya tiga titik yang discan, ini menjadi pertanyaan. Saya minta ini dievaluasi,” tambahnya.
Dalam kesempatan tersebut, Kapolres juga menginstruksikan pendataan rumah penginapan yang tidak berizin. “Silakan datakan penginapan yang tidak berizin, segera minta mereka untuk mengurus surat izin usaha,” kata AKBP Kadek Citra Suparwati.
Sementara itu, Kabag Ops Polres Jembrana Kompol Tjokorda Gede Arim M. Putra menekankan pentingnya respon cepat layanan 110. “SPKT menjadi ujung tombak dalam merespon laporan masyarakat, kita harus benar-benar cepat dan sigap,” ujarnya.
Waka Polres Jembrana Kompol I Ketut Darta menambahkan agar setiap Polsek menyiapkan nomor telepon personel yang bertugas setiap hari untuk mempermudah komunikasi antar fungsi dan percepatan respon.
Arahan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan 110 kepada masyarakat dan memastikan setiap laporan yang masuk mendapat respon cepat dan profesional.
Editor: Sarjana