Berita Sarin Gumi Nusantara
RedaksiIndeks
News  

Siap Mendukung Penyelenggara Haji 1446 H/2025 M, Imigrasi Singaraja Gelar Layanan EAZY PASSPORT

Singaraja, Balijani.id ~ Senin, 21 Oktober 2024, Menjelang keberangkatan haji tahun 2025, para Jemaah Haji asal Kabupaten Buleleng antusias mengikuti layanan Eazy Passport yang diselenggarakan oleh Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja yang bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama Buleleng.

Kepala Kantor Imigrasi Singaraja (Hendra Setiawan) menyampaikan bahwa pelaksanaan layanan paspor kolektif Eazy Passport ini merupakan komitmen Kantor Imigrasi Singaraja dalam memberikan kemudahan pengurusan paspor bagi para Jemaah yang akan menunaikan ibadah haji ke tanah suci.

“Layanan ini kami gelar sebagai wujud nyata pelayanan prima kepada masyarakat sekaligus meningkatkan sinergitas bersama dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buleleng,” pungkas Hendra.

Proses permohonan paspor mulai dari penyerahan dan pemeriksaan berkas persyaratan, wawancara, serta pengambilan data biometrik berupa foto dan sidik jari dilakukan di Pusat Layanan Umroh dan Haji Terpadu (PLUHT) Kantor Kemenag Buleleng. Paspor yang telah selesai diterbitkan bisa diambil oleh panitia penyelenggara sehingga Jemaah tidak perlu datang lagi ke kantor untuk mengambil paspor. Dalam pelaksanaannya kali ini, terdapat 41 jemaah haji yang mengajukan permohonan paspor yang meliputi 35 permohonan paspor baru dan 6 permohonan penggantian paspor.

Kantor Imigrasi Singaraja juga mendapatkan apresiasi dari Kantor Kemenag Kabupaten Buleleng, dengan dilakukannya penyerahan Penghargaan Niti Praja Nugraha atas sinergi dan kerjasama dalam pemberian layanan umat di Buleleng.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi Singaraja.

“Penghargaan yang kami terima tentunya menjadi penyemangat bagi jajaran Imigrasi Singaraja dalam melaksanakan tugas sebagai penyelenggara pelayanan publik di
bidang keimigrasian”, ungkap Hendra.

Selain memberikan layanan, petugas juga senantiasa mengedukasi para Jemaah Haji
untu dapat menyimpan paspor dengan baik, jangan sampai hilang dan rusak karena
paspor adalah dokumen negara yang wajib disimpan dengan baik.

Ditemui di tempat terpisah, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bali (Pramella
Yunidar Pasaribu) menyampaikan layanan paspor kolektif Eazy Passport bertujuan
untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat yang hendak mengurus paspor
namun terkendala dengan waktu. Yang mana petugas akan datang langsung ketempat
pemohon untuk melakukan pengambilan foto, biometrik, dan wawancara.

“Sinergi dan kolaborasi yang baik antara Kantor Imigrasi dan Kantor Kementerian Agama ini tentunya menjadi wujud nyata komitmen dalam memberikan kemudahan layanan paspor bagi Jemaah Haji”, tutup Pramella.

[ Editor : Sarjana ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *