Berita Sarin Gumi Nusantara
RedaksiIndeks

Ribuan Posisi KPPS Dibuka! KPU Buleleng Ajak Warga Berpartisipasi di Pilkada 2024

Buleleng, Balijani.id ~ KPU Kabupaten Buleleng mulai mempersiapkan salah satu elemen penting untuk suksesnya Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, serta Bupati dan Wakil Bupati Buleleng tahun 2024. Pendaftaran 8.211 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) telah resmi dibuka! Dengan dibutuhkannya ribuan anggota KPPS yang akan bertugas di 1.173 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh wilayah Buleleng, ajakan untuk menjadi bagian dari proses demokrasi ini terus digemakan.

Proses perekrutan anggota KPPS dilakukan secara terbuka, mengutamakan kompetensi, integritas, serta kemandirian calon anggota. Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Buleleng, Putu Arya Suarnata, mengungkapkan bahwa tahapan pendaftaran telah dijadwalkan dengan matang. Pengumuman pendaftaran calon anggota KPPS akan dimulai pada 17-21 September 2024, diikuti oleh penerimaan pendaftaran dari 17-28 September 2024.

“Kami memastikan bahwa seleksi ini terbuka untuk umum, dan kami berharap masyarakat Buleleng, terutama generasi muda, antusias untuk bergabung dan menjadi bagian penting dalam Pilkada Serentak 2024,” ujar Arya Suarnata. Dalam proses ini, penelitian administrasi akan dilakukan pada 18-29 September, dengan hasil seleksi diumumkan pada 30 September-2 Oktober. KPU juga membuka kesempatan bagi masyarakat untuk memberikan masukan terkait calon anggota KPPS dari 30 September hingga 5 Oktober 2024.

Penetapan dan pelantikan anggota KPPS akan dilakukan pada 7 November 2024, dengan masa kerja mulai 7 November hingga 8 Desember 2024. Arya Suarnata menegaskan bahwa keterlibatan masyarakat sangat penting untuk menjaga transparansi dan kesuksesan Pilkada Serentak 2024.

“Kami berharap minat masyarakat tinggi dalam berpartisipasi sebagai anggota KPPS, demi terciptanya Pilkada yang damai, sukses, dan penuh integritas di Buleleng,” tambahnya.

Dengan jumlah 8.211 anggota KPPS yang akan direkrut, KPU Buleleng optimis mampu menyelenggarakan pemilihan yang bersih dan adil di 148 Desa dan Kelurahan di seluruh Kabupaten Buleleng. Apakah Anda siap menjadi bagian dari sejarah demokrasi ini? Bergabunglah sekarang dan ambil peran penting dalam Pilkada Serentak 2024!

[ Reporter : Sarjana ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *