Berita Sarin Gumi Nusantara
RedaksiIndeks
News  

Pengamalan Nilai Pancasila : Berani Jujur

Catatan. Jitro Ati

Aktifis Muda TTS

NTT, Balijani.id ~ Pengamalan berdasarkan sila Pancasila mengacu pada penerapan nilai-nilai dan prinsip yang terkandung dalam setiap sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Setiap sila memiliki prinsip yang harus dihayati dan diterapkan dalam perilaku dan tindakan sehari-hari

Dalam menghadapi ujian atau dalam situasi apapun, berbicara dengan jujur tentang fakta dan pendapat adalah prinsip etika yang penting.

Jujur adalah suatu sikap yang lurus hati, menyatakan yang sebenar – benarnya, tidak berbohong, atau mengatakan hal – hal yang menyalahi apa yang terjadi/fakta

Berbicara berdasarkan fakta yang benar dan akurat adalah kunci integritas. Mengklaim atau menyampaikan informasi yang tidak benar dapat merusak reputasi diri dan mengurangi kepercayaan orang lain terhadap kepribadian seseorang.

Selain itu, harus membedakan antara fakta yang dan pendapat yang dapat dibenarkan. Fakta adalah informasi yang dapat diverifikasi, sedangkan pendapat adalah penilaian atau pandangan subjektif. Dalam ujian atau diskusi, menyampaikan fakta dengan benar dan dengan jelas.

Maka di luar fakta, orang memiliki berbagai pendapat. Penting untuk menghormati pandangan orang lain, bahkan jika tidak setuju. Ini menciptakan lingkungan diskusi yang lebih positif.

Ketika kita berani jujur dalam ujian atau dalam kehidupan sehari-hari, maka dapat membangun kepercayaan, memelihara integritas, dan menciptakan komunikasi yang lebih efektif.

Lebih lanjud, isu aktual kejujuran dan pendapat dikutip dari kata mutiara kepunyaan Thomas Jefferson Presiden ketiga Amerika Serikat. Masa jabatan dari tahun 1801 hingga 1809.

Sebagai Pencetus Deklarasi Kemerdekaan dan ‘Bapak Pendiri Amerika Serikat’.

“Honesty is the first chapter in the book of wisdom”, itulah kalimat aslinya yang ditulisnya.

Melalui kata mutiara ini, Thomas Jefferson menekankan pentingnya kejujuran. Bahkan, menurutnya, kejujuran adalah hal pertama yang dibutuhkan untuk menjadi seseorang yang bijaksana.

Berani Jujur, Hebat! juga merupakan slogan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) untuk mengedukasi kepada masyarakat bahwasanya perbuatan korupsi itu tidak baik atau merugikan banyak pihak. Slogan yang terus digaungkan KPK agar masyarakat tahu betapa pentingnya kejujuran itu.

Maka, selaku pelayan publik harus berani jujur, bersih dan terbuka kepada masyarakat.

Selamat Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *