Menu
Berita Sarin Gumi Nusantara

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Layani 265.504 Penumpang Pada Saat Libur Panjang, 10 Persen Lebih Tinggi Dari Prediksi

  • Bagikan

Mangupura, Balijani.id ~ 12 Februari 2024, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai terus mengalami peningkatan penumpang seiring dengan bangkitnya pariwisata di Pulau Bali. Hal tersebut tercermin dengan tingginya pelayanan penumpang pada libur panjang Isra Mikraj dan Tahun Baru Imlek 2024. Pada momen libur panjang tersebut pada tanggal 8 – 11 Februari 2024, pihak bandara mencatatkan pelayanan kepada 265.504 penumpang dan 1.660 pergerakan pesawat atau rata-rata melayani 66.376 penumpang dan 415 pergerakan pesawat per hari.

General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai menyampaikan peningkatan jumlah penumpang pada periode libur panjang Isra Mikraj dan Tahun Baru Imlek pada tahun 2024 cukup tinggi jika dibandingkan dengan prediksi sebelumnya.

“Sebelumnya kami prediksikan sebanyak 241 ribu penumpang untuk periode libur panjang ini. Namun, ternyata secara riil angka pelayanan penumpang lebih tinggi 10 persen dibandingkan proyeksi tersebut. Peningkatan jumlah penumpang ini berkesinambungan dengan pulihnya pariwisata di Pulau Dewata,” katanya.

Selama periode libur panjang Isra Mikraj dan Tahun Baru Imlek tanggal 8 – 11 Februari 2024, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai melayani 265.504 penumpang dan 1.660 pergerakan pesawat. Pelayanan penumpang tertinggi terjadi pada tanggal 11 Februari dengan pelayanan kepada 73.220 penumpang dan 461 pergerakan pesawat.

“Pada tahun 2023, kami melayani sebanyak 193.061 penumpang pada periode yang sama. Dengan kata lain, pelayanan penumpang di tahun 2024 ini meningkat hingga 38 persen jika dibandingkan dengan tahun 2023,” ucap Handy.

Kemudian pada periode libur panjang Isra Mikraj dan Tahun Baru Imlek 2024 Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai melayani 123.732 penumpang dan 877 pergerakan pesawat domestik serta 141.772 penumpang dan 783 pergerakan pesawat internasional. Angka kedatangan tertinggi adalah pada tanggal 8 Februari dengan pelayanan kepada 38.324 penumpang yakni 18.819 penumpang domestik dan 19.505 penumpang internasional. Sedangkan untuk angka keberangkatan tertinggi dilayani pada tanggal 11 Februari dengan pelayanan 40.108 penumpang secara keseluruhan, terbagi menjadi 21.727 penumpang domestik dan 18.381 penumpang internasional.

“Rute dengan pelayanan tertinggi selama periode tersebut adalah Jakarta (CGK) dengan rata-rata 97 pergerakan pesawat perhari untuk domestik dan Singapura dengan rata-rata 49 pergerakan pesawat per hari. Kami juga mencatat pelayanan jadwal penerbangan tambahan (extra flight) selama periode tersebut sebanyak 99 penerbangan, dengan rata-rata perhari melayani 12 penerbangan tambahan. Adapun pelayanan extra flight yang dilayani adalah rute Jakarta, Makassar, Surabaya, Lombok, Banjarmasin, Yogyakarta, Solo dan Tambolaka dengan maskapai yang mengajukan rute extra flight adalah Garuda Indonesia, Citilink Indonesia, Lion Air, Super Air Jet, Indonesia Air Asia dan Nam Air,” lanjut Handy.

“Dalam merayakan momen Tahun Baru Imlek Tahun Naga 2024 ini, kami hadirkan penampilan Tarian Barongsai di area terminal domestik serta internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai yang disambut oleh antusiasme para penumpang di bandara. Selain itu, kami juga menghiasi bandara dengan lampion dan figur naga yang menarik untuk dijadikan spot untuk berfoto oleh seluruh pengguna jasa bandara. Dengan bertambahnya frekuensi penerbangan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, penting bagi kami untuk memastikan passenger experience atau pengalaman terbang di bandara harus selalu pada taraf yang prima,” lanjut Handy.

Sebagai tambahan informasi, saat ini Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai melayani 20 rute penerbangan domestik yang dilayani oleh 11 maskapai dan 37 rute penerbangan internasional yang dilayani oleh 37 maskapai. Di tahun 2024 ini, pihak bandara memproyeksikan pelayanan kepada 23,6 Juta penumpang baik domestik maupun internasional.

“Dengan terus meningkatnya lalu lintas penerbangan di Pulau Bali, tentu saja pelayanan prima kepada seluruh pengguna jasa menjadi prioritas kami. Untuk itu kami mohon dukungan kepada seluruh pihak untuk senantiasa patuh terhadap peraturan penerbangan demi memastikan keamanan dan keselamatan penerbangan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai,” tutup Handy.

[ BJ.hms ]

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *