Menu
Berita Sarin Gumi Nusantara

Gelar Rekernis SMSI Bali Fokuskan Program Berkemajuan

  • Bagikan

Denpasar, Balijani.id ~ Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Bali telah berhasil dilaksanakan di di Zodiac Coffee & Eatery, Denpasar, pada Sabtu (27/1/2024). Rapat tersebut dihadiri oleh seluruh pengurus SMSI Bali, Dewan Penasihat, dan perwakilan media siber di Bali.

Dalam rapat tersebut dilaksanakan penyerahan mandat dari Ketua SMSI Provinsi Bali, Emanuel Dewata Oja kepada pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Badung, Jembrana, Buleleng, Karangasem dan Kota Denpasar

Dalam rapat tersebut, masing-masing wakil ketua SMSI Bali menyampaikan program kerja mereka untuk tahun 2024. Wakil Ketua Bidang Advokasi Christovao menyampaikan, terkait program meliputi penyusunan mekanisme advokasi, kerja sama dengan advokat/konsultan hukum, dan pendampingan hukum.

“Saat ini sudah mulai melaksanakan pendampingan hukum kepada anggota,” ungkapnya. Sabtu (27/1/2024).

Sementara Wakil Ketua Bidang Kesra Nyoman Sunaya mengatakan, pihaknya melaksanakan 2 program kedepannya, diantaranya kegiatan eksternal dan internal. Untuk kegiatan internal SMSI akan mengagendakan terkait cuan/pemasukan dan kerja sama antar lembaga.

“Untuk Kegiatan eksternal, selain merencanakan program untuk SMSI, kita juga akan membantu masyarakat dengan melakukan kegiatan bakti sosial, pemberian sembako yang akan bekerjasama antar lembaga,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Supaya, pihaknya juga akan melaksanakan program inisiatif bekerja sama dengan pemerintah daerah, badan usaha milik negara dan lembaga lainnya.

Berbeda dengan, Wakil Ketua Bidang Pengembangan Usaha, Komang Adi mengatakan, dalam program kerjanya akan menyusun paket-paket usaha, seperti periklanan dan pemberitaan dengan klien.

“Itu bertujuan untuk meningkatkan nilai jual dan pelatihan serta menangkap peluang usaha kedepannya,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Wakil Ketua Bidang Litbang dan SDM Gede Sumida mengatakan, program yang dibidanginya merupakan program peningkatan kredibilitas SDM melalui pelatihan web dan sinergi dengan media sosial.

“Disini kita akan membantu teman-teman untuk keluhan penanganan web dan juga untuk meningkatkan rank yang disinergikan ke media sosial,” terangnya.

Lain dengan Wakil Ketua Bidang OKK Apollo Naris Dalton lebih menekannya untuk pelatihan jurnalistik, seperti diskusi bulanan dengan mitra kerja, pelatihan menulis, menyunting berita, dan membuat foto.

“Kita juga akan bekerjasama dengan bidang advokasi dan pendidikan juga akan dilakukan,” katanya.

Berbeda dengan masukan Dewan Penasehat SMSI Bali Djoko Mueljono, dirinya mengusulkan pentingnya SMSI kedepannya bisa menggelar UKW dan menghadirkan penguji-penguji, hal tersebut langsung ditanggapi oleh Ketua SMSI Bali yang juga salah satu tim penguji UKW Dewan Pers Emanuel Dewata Oja, menurutnya usulan tersebut sangat baik. “Usulan tersebut merupakan rencana kerja kedepannya.

“Saya juga menerima usulan dari salah satu anggota yang mengusulkan dibentuknya koprasi untuk anggota SMSI, ini juga merupakan rencana kerja kedepannya,”

Dalam penutupan rapat, Edo mengingatkan pentingnya menjalankan organisasi dengan benar dan menjaga kekompakan. Keputusan teknis terkait kerja sama dengan lembaga akan dirumuskan dalam rapat berikutnya.

Editor : Wilin Diana

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *