Menu
Berita Sarin Gumi Nusantara

Jembatan Bailey, Kodam II/Swj Buka Akses Warga Prabumulih

  • Bagikan

Muara Enim, Balijani.id ~ Guna membuka akses jalan warga Prabumulih akibat rusaknya jembatan penghubung di Kelurahan Payo Putat, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Yanuar Adil memerintahkan Kodim 0404/Muara Enim dan Yonzipur 2/SG memasang jembatan Bailey.

Hal ini disampaikan Kapendam II/Swj, Kolonel Arh Saptarendra P, S.T., M.M., dalam rilisnya, Palembang, Sumsel, Senin (22/01/2024).

Diungkapkan Kapendam, pada hari Selasa (16/01/2024) jembatan Payo Putat mengalami kerusakan akibat banjir deras.

“Pada hari Sabtu (20/01/2024) lalu, di wilayah Payo Putat juga mengalami hujan deras disertai puting beliung dan merusak rumah warga serta memperparah kondisi jembatan Payo Putat, sehingga secara total akses jalan terputus,” ujar Kol Arh Sapta.

Berdasarkan laporan yang diterima, lanjut Sapta, Pangdam II/Swj memerintahkan Dandim 0404/ME dan Ka Korum Yonzipur 2/SG untuk membantu warga yang terdampak bencana diantaranya dengan melakukan pemasangan jembatan Bailey.

Terpisah, Dandim 0404/Muara Enim Letkol Inf Nugraha, S.H., M.I.P., katakan, pembuatan jembatan Bailey sedang dikerjakan oleh satu Peleton personel Yon Zipur 2/SG termasuk alat beratnya,” ujar Nugraha.

Untuk konstruksi jembatan, lanjutnya, spesiaifikasi Bailey 8 panel dengan panjang 24 meter dan lebar 4,5 meter serta tinggi 1,7 meter.

Lebih lanjut Nugraha sampaikan, jembatan dengan kekuatan 10 Ton ini merupakan salah satu upaya dari TNI jajaran Kodam II/Swj dalam membantu kesulitan rakyat.

“Semoga dapat diselesaikan secepatnya, sehingga dapat membantu akses jalan masyarakat secapatnya,” tutup Dandim.

Senada disampaikan Ka Korum Yonzipur 2/SG, Kapten Czi Yudha Prawira terangkan bahwa pemasangan jembatan Bailey dilakukan pada hari Minggu (21/01/2024).

“Jembatan sifatnya sementara, guna akses warga dikarenakan jembatan cor Payo Putat ambruk diterjang banjir bandang,” ucapnya.

“Hingga saat ini, kami masih melanjutkan pekerjaan agar segera bisa digunakan oleh warga dengan aman dan nyaman,” tutup Yudha.

[ BJ/Msd ]

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *