Menu
Berita Sarin Gumi Nusantara

PANGDAM II/SRIWIJAYA RESMIKAN SUMUR BOR PROGRAM TNI AD MANUNGGAL AIR BERSIH DI WILAYAH KODIM 0413/BANGKA

  • Bagikan

Palembang, Balijani.id ~ Pangdam ll/Sriwjaya, Mayjen TNI Yanuar Adil secara langsung meresmikan sumur bor untuk masyarakat di wilayah Kodim 0413/Bangka dengan disaksikan oleh Danrem 045/Gaya Brigjen TNI, A. Dedy Prasetyo, S.I.P., dan Dandim 0413/Bangka serta Forkopimda Kepulauan Bangka Belitung.

Peresmian Sumur Bor Program TNI AD Manunggal Air Bersih ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Darut Tahfidz yang berada di Kelurahan Sinar Baru Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka, Minggu (03/12/2023).

Selain meremikan sumur bor air bersih, Pangdam ll/Srwijaya dalam kegiatan tersebut menyerahkan secara simbolis bantuan bahan bangunan untuk Pondok Pesantren Darut Tahfidz dan paket sembako kepada masyarakat Sinar Baru serta pemberian asupan nutrisi dan gizi bagi anak-anak stunting.

Dalam sambutannya Pangdam ll/Srwijaya, Mayjen TNI Yanuar Adil mengatakan, hari ini kita dapat hadir bersama dalam kegiatan peresmian sumur bor, perlu kita ketahui bahwa air merupakan kebutuhan utama manusia.

“Setelah kita dengarkan dari pemilik pondok pesantren sebelum ada sumur bor ini, mereka mengambil dari empang/kolong lalu didengar oleh Pak Dandim dan ditindaklanjuti ke PT. Timah sehingga dibuatlah sumur bor dengan kedalaman 71 meter,” ujarnya.

“Saya minta dipelihara mesinnya, biasanya kalau sumur bornya sudah ada mesin yang menjadi masalah, nah ini harus benar-benar dipelihara dicek jangan sampai rusak, sehingga dapat berpengaruh terhadap kegiatan pesantren”, kata Pangdam.

Dijelaskan Pangdam bahwa, tugas TNI sama juga dengan Polri tugasnya banyak, tugas yang berujung pada kesejahteraan masyarakat salah satunya adalah TNI AD Manunggal Air, TNI Manunggal Membangun Desa, TNI Manunggal Pertanian, Dapur Masuk Sekolah, dan Babinsa Masuk Dapur.

“Tujuan akhirnya adalah untuk kesejahteraan masyarakat termasuk juga dari Polri. Artinya, kalau kita melihat masyarakat rakyat kita sejahtera TNI dan Polri akan bahagia bahkan kita siap berkorban untuk kesejahteraan masyarakat”, pungkas Mayjen TNI Yanuar Adil.

Sementara itu, Ketua Ponpes Darut Tahfiz Ustadz Dadang Abdul Muin menyampaikan ucapan terima kasih kepada bapak Pangdam ll/Sriwijaya yang telah datang mengunjungi Pondok Pesantren yang dipimpinnya.

“Pondok pesantren ini baru berdiri 1 tahun setengah, dari mulai rangka Pembangunan Aula, dan kami sudah mengisi anak-anak pengajian dan mondar-mandir karena belum ada penginapan”, terangnya.

Dirinya juga menjelaskan bahwa, Selama itu pihaknya dan seluruh para santri mengambil airnya dari Empang/Kolong, karena belum ada air sumur bor dan dicoba di Bor beberapa kali terus tidak dapat Airnya.

“Alhamdulillah setelah Kami komunikasi ada bantuan dari Pak Dandim 0413/Bangka dan sekarang kita sudah ada air sumur bor dengan kedalaman 71 meter, hasil labnya sama dengan air minum Aqua PH nya 7,47”, jelas Ustadz Dadang Abdul Muin.

Usai meresmikan sumur bor tidak jauh dari lokasi, Pangdam II/Sriwijaya dan rombongan meninjau kegiatan Pasar Murah dan Pengobatan Gratis yang diselenggarakan Kodim 0413/Bangka.

Hadir juga dalam acara tersebut Kapolda Babel Irjen Pol Dr. Tornagogo Sihombing, S.I.K., M.Si, CRGP., Danrem 045/Garuda Jaya Brigjen TNI A.Dedy Prasetyo, S.I.P., unsur Forkopimda Provinsi/Kabupaten, Kabinda Babel, Kepala Bakamla Babel Kapolres Bangka, para Dandim jajaran Korem 045/Gaya, Danyonif 147/KGJ dan Ketua Persit KCK Daerah II/Sriwjaya Ny. Mila Yanuar Adil serta tamu undangan lainnya.

[ BJ/Msd ]

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *