Berita Sarin Gumi Nusantara
RedaksiIndeks
News, Opini  

Ketiadaan Modal Berupa Uang Bukan Penghalang untuk Berbisnis

Makassar, Balijani.id ~ Ketiadaan modal berupa uang adalah alasan klasik yang dilontarkan oleh semua orang, ketika ditanya mengapa mereka tidak berbisnis, atau ketika seseorang ditanya mengapa dia tidak membuka usaha, maka jawabannya adalah karena tidak punya modal, dan modal yang dimaksudkan adalah uang.

Benarkah, faktor uang adalah modal utama dalam menjalankan sebuah usaha?

Ternyata pandangan yang melihat uang adalah modal utama untuk menjalankan bisnis, adalah pandangan yang keliru.

Banyak orang yang sukses menjadi enterpreneur atau pebisnis besar, yang justru memulai usahanya dengan nol rupiah atau tanpa sepeserpun uang.

Salah seorang pebisnis sukses di kota Makassar, Dr.Suwanto Atmaraja, Sp.B, FICS,FINACS yang ditemui Balijani.id mengatakan, sesungguhnya uang bukan modal utama untuk memulai sebuah usaha.

“Itulah sebabnya seorang calon pengusaha dituntut harus aktif dan kreatif, dia harus memiliki kemampuan untuk berkreasi, berinovasi, dan lihai melihat peluang. Hal- hal inilah sesungguhnya yang menjadi modal bagi seorang calon pengusaha. Sebab walaupun uangnya banyak, modalnya berupa uang berlimpah, tetapi dia tidak kreatif, tidak memiliki kemampuan untuk berkarya, tidak bisa melihat peluang, maka modal berupa uang itu akan percuma.” katanya.

Lebih lanjut pengusaha yang mengelola sejumlah rumah sakit dan toko alat kesehatan itu mengatakan, bila seseorang tidak memiliki modal yang memadai, namun minatnya besar untuk ingin berbisnis, maka salah satu solusi jitu yang dapat ditempuh adalah dengan menjadi reseller atau menjual produk orang lain.

“Banyak keuntungan yang diperoleh dengan memulai bisnis melalui reseller, diantaranya kita tidak perlu melakukan riset, penelitian serta serangkaian percobaan yang rumit dan panjang, kita juga tidak perlu mengeluarkan nodal yang ekstra besar, selanjutnya kita tinggal menjalankan, karena produk sudah disiapkan, sistem penjualan juga sudah disediakan, bahkan segmen pasarnya pun sudah terbentuk. ” jelasnya.

Memang sangat beralasan apa yang diungkapkan oleh Dr.Wawan, sapaan akrab dari pengusaha muda yang berdarah Jawa itu.

Dengan menjalankan bisnis yang sudah berjalan, maka bukan hanya mengatasi persiapan ketiadaan dana, tetapi juga meminimalisir terjadinya berbagai bentuk resiko yang besar, yang terkadang menjadikan usaha gulung tikar sebelum digelar, bangkrut sebelum sempat bangkit.

Berkolaborasi dan bermitra adalah jiwa yang harus dimiliki oleh siapapun yang berniat menjalankan sebuah bisnis.

Memang sangat penting bagi wiraswasta untuk memiliki modal utama, tetapi ternyata modal utama yang dimaksud bukanlah uang, tetapi hal-hal yang justru selama ini disepelekan.

Dari perbincangan bersama Dr.Wawan itu, dapat disimpulkan bahwa ada lima hal yang harus dimiliki oleh setiap orang yang ingin jadi entrepreneur sukses.

Kelima hal itu di antaranya.

1. Niat dan komitmen

Inilah yang menjadi salah satu modal utama untuk melakukan setiap pekerjaan. Niat seseorang akan mengarahkannya ke tujuan yang ingin dia capai. Bagi seorang entrepreneur yang ingin sukses, niat dan komitmen akan membuatnya memikirkan alasan mengapa ia harus sukses menjadi entrepreneur.

Niat juga yang akan menentukan parameter kesuksesan, hasilnya akan berbeda untuk setiap orang karena dipengaruhi oleh niat dan komitmennya.

“Akan banyak ujian serta tantangan yang akan menghadang seorang entrepreneur, mulai dari yang sifatnya lahiriah mapun bathin, akan tetapi jika niat dan komitmennya kuat, niscaya dia tetap akan berjalan dan tidak mudah tumbang.” ungkap Dr.Wawan.

2. Kemauan untuk terus belajar

Memiliki hasrat kuat terus belajar, ini adalah jiwa seorang pebisnis sejati. Tidak pernah jenuh belajar, tidak ada kata bosan untuk terus menambah ilmu dan keahlian. Seorang pengusaha membutuhkan jiwa ini, untuk mengatasi persaingan yang semakin tinggi. Tanpa kemauan untuk menambah dan mengaplikasikan ilmu maupun keahlian, seorang entrepreneur akan tergerus oleh persaingan yang sengit.

3. Komunikasi dan Kolaborasi

Kemampuan komunikasi dan berkolaborasi juga merupakan modal utama bagi calon pengusaha sukses. Seorang enterpreneur akan banyak berhubungan dengan klien, rekan sesama pengusaha, supplier, atau bahkan asisten dan karyawan. Kemampuan komunikasi yang baik membuatnya mudah untuk menyamakan persepsi dan tujuan, mencapai kesepahaman, juga membuat suasana kerja menjadi hangat dan produktif. Kemampuan berkolaborasi, bekerjasama atau bermitra, akan menjadikan mentalnya semakin kuat dan tahan banting menghadapi setiap cobaan.

4. Disiplin dan Bijaksana

Hanya orang yang disiplin dan bijaksana yang dianggap memiliki nodal untuk menuju kesuksesan sebagai seorang enterpreneur.

Karena hanya type orang disiplin yang memiliki kinerja bagus dan dapat dipercaya.

Orang seperti ini, mampu membagi waktu dan asetnya dengan baik, menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu, dan mematuhi standar kualitas yang ditetapkannya. Jadi, tidak mengherankan jika kedisiplinan dapat mengantar seorang pengusaha kepada kesuksesan.

5. Ramah dan dermawan

Selanjutnya, seorang calon pengusaha sukses juga memiliki jiwa sosial yang baik. Dia tidak segan untuk menyisihkan hartanya untuk kebaikan sesama. Dia menyadari bahwa segala sesuatu yang diperoleh merupakan pemberian dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

Itulah lima modal utama yang harus dimiliki oleh seorang enterpreneur yang ingin sukses. Dan di antara kelima modal utama itu, tidak ada yang menyebut uang.

“Memang uang itu perlu, tetapi bukan berarti segala sesuatu perlu uang. Memang banyak hal yang bisa diselesaikan dengan uang, tetapi yang banyak itu, juga bisa diselesaikan tanpa menggunakan uang, termasuk di dalam merintis sebuah usaha.

Jalin pertemanan, jadikan silaturahim sebagai kebiasaan, kedisiplinan sebagai ruh kehidupan, maka niscaya engkau akan sukses.

[ BJ/Daeng.Khairil]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *