Berita Sarin Gumi Nusantara
RedaksiIndeks
News  

Menhan Prabowo Subianto Harap PM Belanda Minta Maaf Atas Perbuatan Menjajah Indonesia

Caption: Menteri Pertahanan Prabowo Subianto

Jakarta, Balijani.id ~ Pernyataan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte yang mengakui kemerdekaan RI 17 Agustus 1945 mendapat apresiasi positif Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Namun menurut Prabowo, akan lebih baik jika Rutte juga meminta maaf atas perbuatan Belanda atas penjajahan Indonesia.

“Alhamdulillah, terima kasih. Syukur-syukur juga kalau dia minta maaf atas apa yang mereka buat selama itu di Indonesia. Tapi, rajanya sudah minta maaf,” kata Prabowo di Bandung, Jumat (16/6).

Menhan menegaskan kemerdekaan Indonesia diproklamasikan pada Agustus 1945. Ia menilai tindakan militer Belanda dalam kurun waktu 1945-1949 sebagai agresi militer.

Namun, ia tak tahun kapan Rutte akan menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) membicarakan soal itu.

“Itu tanya Menlu (Menteri Luar Negeri),” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Belanda akhirnya mengakui kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Sebelumnya, Belanda mengakui kemerdekaan Indonesia pada 27 Desember 1949.

Hal itu diutarakan oleh PM Belanda Mark Rutte dalam diskusi di parlemen Belanda tentang kajian dekolonisasi 1945-1950. Menurutnya, 17 Agustus 1945 merupakan tanggal yang sejak lama dilihat sebagai awal kemerdekaan Indonesia.

Tanggal itu pun, kata dia, diakui oleh Raja Belanda yang setiap tahun mengirim telegram ucapan selamat atas kemerdekaan Indonesia.

Raja Belanda Willem Alexander pun telah menyampaikan permintaan maaf ke Indonesia. Ia menyampaikannya langsung ke Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor pada 2020 lalu.

Namun, dia meminta maaf atas kekerasan yang terjadi di Indonesia dalam kurun waktu 1945-1949 dan bukan untuk keseluruhan masa kolonialisasi.

[ BJ/TIM ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *