Berita Sarin Gumi Nusantara
RedaksiIndeks

Kolaborasi Riset, Unpad Sambangi FT Unud

Universitas Udayana, Balijani.id – Fakultas Teknik (FT) Universitas Udayana (Unud) mendapat kunjungan dari Universitas Padjadjaran (Unpad), di Ruang Sidang Dekan FT Unud, Jimbaran, Jumat (9/6/2023) lalu. Kunjungan tersebut adalah dalam rangka kolaborasi riset antara PUI-PT Nano Powder Fungsional (FiNder U-CoE) dan FT Unud.

Kunjungan dari Unpad tersebut diwakili oleh Prof Dr Eng I Made Joni MSc beserta jajaran. Sementara sebagai penerima, yakni Dekan, Wakil Dekan I, dan Wakil Dekan II FT Unud beserta jajaran.

Untuk diketahui, FT Unud telah menjalin kolaborasi dengan Unpad dalam pengembangan berbagai projek. Mulai dari riset karya ilmiah dan kerja sama industri, hingga kolaborasi di bidang energi dan lingkungan.

Rintisan kerja sama ini diawali dengan adanya kunjungan FT Unud ke Unpad, dalam rangka belajar mengenai nanoteknologi. Hal tersebut tentunya sejalan, karena hampir semua prodi di FT Unud terdapat nanoteknologi. Itulah yang kemudian ditindaklanjuti dengan kolaborasi, hingga dilakukanlah pembibingan dari luar.

Bahkan, FT sempat merintis pembuatan PUI terkait nanoteknologi, dengan harapan semua prodi dapat terlibat dan ke depannya projek dapat berjalan dengan baik.

Untuk diketahui pula, nanoteknologi tidak hanya ada di bidang teknik saja. Bidang lainnya seperti pertanian dan kedokteran, juga memerlukan nanoteknologi. Bahkan degradasi pertanian yang kini terjadi di Bali, diharapkan bisa dihindari oleh adanya teknologi baru.

Lebih lanjut, melalui kunjungan tersebut diharapkan ada semacam engagement antara Unpad dengan FT Unud.

“Dari kunjungan ini, apapun hasil gagasan yang didapatkan di sini, kita sudah bisa mulai,” sebut Prof Joni dalam diskusi. (BJ)

Sumber:
https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas3100-Dalam-Rangka-Kolaborasi-Riset-Universitas-Padjadjaran-melakukan-kunjungan-Ke-Fakultas-Teknik-Universitas-Udayana.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *