Berita Sarin Gumi Nusantara
RedaksiIndeks

Tahapan Pemilu 2024: Hanya Daftarkan 12 Caleg, PAN Buleleng Cuma Bidik Tiga Dapil

Suwandi Dwi Warsono “Prinsipnya kami tidak sekedar partisipasi, tapi kami target kursi,” tegas Ketua PAN Buleleng

Singaraja, Balijani.id ~ Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Bulelen tergolong partai politik yang ulet. Partai ini tidak pernah absen dalam setiap Pemilu kendati terkadang gagal melangkah ke gedung parlemen di Jalan Veteran No 2 Singaraja, Bali.

PAN Buleleng mengukir prestasi di periode 2009-2014 berhasil menempatkan satu kadernya di DPRD Buleleng, yaitu Ketut Susana (kala itu dari Dapil Kubutambahan dan Tejakula). Pemilu berikutnya yakni 2014-2019, PAN Buleleng berhasil merebut satu kursi di DPRD Bali di Renon-Denpasar. Kader PAN Buleleng yang lolos ke DPRD Bali adalah Ketut Jengiskan, putra politisi senior Buleleng dua zaman, I Ketut Kadjar. Bahkan atas prestasi itu Ketut Jengiskan didaulat menjadi Ketua DPW PAN Bali.

Kali ini PAN Buleleng pimpinan Suwandi Dwi Warsono kembali menadaftarkan kader-kader sebagai calon legislative (Caleg) di KPU Kabupaten Buleleng, Sabtu (13/5/2023) siang. PAN bakal bertarung pada tiga dapil di Kabupaten Buleleng pada Pemilu 2024 nanti.

Tiga dapil yang menjadi pertaruhan yakni dapil Buleleng (Buleleng 1), dapil Gerokgak (Buleleng 5), dan dapil Sukasada (Buleleng 9).

Ketua DPC PAN Buleleng, Suwandi Dwi Warsono; menyebutkan bahwa pihaknya hanya mendaftarkan 12 caleg yang di antaranya terdapat enam orang perempuan.

Pendaftaran caleg partai pimpinan Zulkifli Hasan itu berlangsung pada hari Sabtu, 13 Mei 2023 sekitar pukul 15.00 WITA di KPU Buleleng.

“Kami mendaftarkan 12 caleg di tiga dapil. Untuk kuota perempuan di semua dapil mencapai 50 persen, jadi total perempuannya ada enam orang,” jelasnya.

Terkait dengan sisa dapil yang tidak terisi, Suwandi mengakui bahwa dapil tersebut memang kosong karena perhitungan matematis yang sudah dilakukan partainya. Sehingga mereka fokus ke dapil yang benar-benar potensial dan dapat mengirimkan satu caleg menjadi anggota DPRD Buleleng.

Suwandi menjelaskan bahwa partai yang dominan dengan warna biru itu tidak sekedar berpartisipasi dalam Pemilu, melainkan tetap menargetkan kursi di DPRD Buleleng.

“Prinsipnya kami tidak sekedar partisipasi, tapi kami target kursi,” tegas Suwandi kepada wartawan.

“Ya, (dapil) yang lainnya kosong. Bukan tidak ada peluang, kita PAN punya hitungan matematika. Jadi lebih bagus sumber daya, energi kita fokuskan ke dapil yang berpotensi,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Buleleng, Komang Dudhi Udiyana; menyatakan bahwa berkas-berkas yang dibawa PAN Buleleng sudah sesuai dengan Silon KPU.

“Sudah resmi kami nyatakan mendaftar dan berkas asli yang dibawa sudah sesuai dengan Silon KPU,” singkatnya.

[ BJ/TIM ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *