Berita Sarin Gumi Nusantara
RedaksiIndeks
News  

Dukung KTT ASEAN 2023, Angkasa Pura I Siapkan 36 Parking Stand di Empat Bandara

Jakarta, Balijani.id ~ 8 Mei 2023, PT Angkasa Pura I menyatakan kesiapan untuk mendukung penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 yang akan digelar di Labuan Bajo pada 9-11 Mei esok.

Dukungan Angkasa Pura I untuk menyukseskan KTT ASEAN 2023 tersebut menyangkut kesiapan bandara untuk melayani kedatangan dan keberangkatan delegasi, infrastruktur bandara sebagai lokasi penempatan pesawat kepresidenan dan delegasi pendukung, dukungan personel di lokasi penyelenggaraan KTT ASEAN, serta dukungan publikasi.

Untuk kebutuhan _parking stand_ pesawat kepresidenan dan delegasi pendukung, Angkasa Pura I telah menyiapkan 18 _parking stand_ khusus di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali untuk lokasi parkir pesawat selama penyelenggaraan KTT ASEAN 2023. Untuk _contingency plan_, Angkasa Pura I juga menyiapkan tiga bandara pendukung sebagai lokasi parkir pesawat jika diperlukan, yakni Bandara Internasional Lombok dengan 6 _parking stand_, Bandara El Tari Kupang dengan 4 _parking stand_, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan 8 _parking stand_. Total, Angkasa Pura I menyiapkan 36 _parking stand_ di empat bandara untuk melayani kebutuhan penempatan pesawat delegasi KTT ASEAN 2023.

“PT Angkasa Pura I siap untuk mendukung kelancaran penyelenggaraan KTT ASEAN 2023 melalui dukungan infrastruktur bandara untuk melayani kedatangan dan keberangkatan delegasi peserta KTT, serta lokasi parkir pesawat para delegasi baik itu pesawat kepresidenan maupun delegasi pendukung. Secara khusus, kami telah menyiapkan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali sebagai bandara untuk penempatan pesawat delegasi. Kami juga menyiapkan 3 bandara lain, yakni Bandara Internasional Lombok, Bandara El Tari Kupang, dan Bandara Sultan Hasanuddin sebagai _contingency plan_ lokasi penempatan pesawat jika diperlukan,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi.

Untuk bandara pendukung, Angkasa Pura I menyiapkan 6 _parking stand_ di Bandara Internasional Lombok dengan konfigurasi 6 pesawat _narrow body_, 4 _parking stand_ di Bandara El Tari Kupang dengan konfigurasi 2 pesawat _narrow body_ dan 2 pesawat _small body_, dan 8 _parking stand_ di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan konfigurasi 8 pesawat _narrow body_.

Untuk melayani kedatangan delegasi setingkat kepala negara dan/atau pemerintahan, Angkasa Pura I telah menyiapkan Gedung VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai yang dibangun dalam rangka KTT G20 Bali lalu. Sedangkan untuk delegasi setingkat menteri akan dilayani melalui Gedung VIP, delegasi biasa melalui terminal internasional, serta delegasi yang menggunakan penerbangan _charter_ dan jet pribadi akan dilayani melalui _General Aviation Terminal

[ BJ/TIM ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *