Berita Sarin Gumi Nusantara
RedaksiIndeks
News  

Kebebasan Berekspresi Dalam Kemandirian WBP di Berikan Lapas Singaraja

Singaraja, Balijani.id ~ Kemerdekaan adalah hak segala bangsa dan rakyatnya, begitu juga dengan mereka yang menjadi warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Singaraja. Warga binaan masih merdeka untuk mengekspresikan bakatnya.

Pembinaan dalam bidang kemandirian dan keterampilan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dilakukan dengan tujuan setelah keluar dari Lapas, mereka dapat mandiri dengan bekerja pada orang lain atau membuka usaha sendiri, sehingga mereka dapat berguna di tengah-tengah masyarakat. Pembinaan kemandirian yang dilakukan berupa Pelatihan Jasa Loundry dan pelatihan pembuatan sanggar burung.

Kegiatan Pembinaan Kemandirian tersebut langsung di monitoring oleh Kepala Lapas Kelas IIB Singaraja, I Wayan Putu Sutresna, Kepala Seksi Bimbingan Narapidana dan Kegiatan Kerja, Wayan Riasa, Kepala Subseksi Kegiatan Kerja, Putu Sujana, Pelatihan ini dibimbing oleh instruktur ahli dari Dinas Tenaga Kerja dan BLK Kabupaten Singaraja.

Kepala Seksi Bimbingan Narapidana dan Kegiatan Kerja, Wayan Riasa dalam keterangannya menyampaikan

“sebelum mengikuti pelatihan, instruktur memberi pengarahan tentang keselamatan kerja dengan tetap menjaga protokol kesehatan, juga jajaran kita tetap melakukan pengawasan, arahan maupun bimbingan kepada setiap WBP yang mengikuti kegiatan pelatihan” Jelas Wayan.

“Pelatihan kemandirian ini diikuti oleh 40 orang warga binaan yang mana nanti nya akan ada 2 paket pelatihan setiap paket terdiri dari 20 orang warga binaan Pengawasan Petugas Bimker, peserta pelatihan sangat bersemangat dan antusias mengikuti kegiatan ini, kegiatan pembinaan kemandirian  ini berjalan dengan lancar, aman, dan tertib” Tutup Wayan.

Pada Pelatihan Keterampilan Bersertifikat ini, Warga Binaan Pemasyarakatan akan di Uji Kemampuan dan Kompetensi yang dimiliki, sehingga Warga Binaan selain memiliki pengetahuan dan keterampilan, output yang dimiliki oleh WBP akan mendapatkan Sertifikat Kompetensi dari Balai Latihan Kerja ( BLK ) Singaraja.

[ BJ/TIM ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *