Berita Sarin Gumi Nusantara
RedaksiIndeks
News  

DPC Gerindra Buleleng Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 2023

Singaraja, Balijani.id ~ Ketua DPC Partai Gerindra Buleleng Gede Harja Astawa, SH mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 2023 dan berharap insan pers secara berkelanjutan memberikan dan melakukan edukasi kepada masyarakat dalam upaya mencerdaskan masyarakat dengan informasi yang baik dan benar.

“Maju dan jayalah Pers Indonesia sebagai pilar keempat demokrasi dengan menyiarkan dan menginformasikan berita dengan adil serta turut mencerdaskan bangsa. Semoga pers nasional semakin jaya dan insan persnya dapat menjalankan tugasnya secara profesional, bertanggungjawab, dan bermartabat. Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2023,” ucap Harja Astawa

Untuk diketahui, Hari Pers Nasional (HPN) diselenggarakan setiap tanggal 9 Pebruari bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) berdasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985. Keputusan Presiden pada 23 Januari 1985 itu menyebutkan “bahwa pers nasional Indonesia mempunyai sejarah perjuangan dan peranan penting dalam melaksanakan pembangunan sebagai pengamalan Pancasila.

Sebelum adanya Keputusan Presiden Nomor 5 Tahun 1985, HPN telah digodok sebagai salah satu butir keputusan Kongres ke-28 Persatuan Wartawan (PWI) di Kota Padang Sumatera Barat pada tahun 1978. Kesepakatan tersebut, tidak terlepas dari kehendak masyarakat pers untuk menetapkan satu hari bersejarah untuk memperingati peran dan keberadaan pers secara nasional. Kemudian di Bandung tanggal 19 Februari 1981, keinginan tersebut disetujui untuk kemudian disampaikan kepada pemerintah sekaligus menetapkan penyelenggaraan Hari Pers Nasional.

Pers selalu mengalami dinamika permasalahannya dari masa ke masa. Bukan saja pada masa Orde Baru, tetapi juga sebelum Orde Baru hingga saat ini mulai dari belenggu kolonialisme hingga kebebasan pers yang dibungkam. Maka dari itu, diharapkan, melalui peringatan HPN, insan pers dan masyarakat sudah seharusnya senantiasa berbenah dan mewujudkan cita-cita Indonesia.[ BJ/TIM ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *