Berita Sarin Gumi Nusantara
RedaksiIndeks
News  

Wabup Kasta Sembahyang Bersama di Pura Dadia Pasek Kayu Selem Tohpati

Klungkung, Balijani.id ~ Bertepatan dengan Buda Wage Warigadian, Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta didampingi Ny. Sri Kasta melaksanakan persembahyangan pada Pujawali di Pura Dadia Pasek Kayu Selem Banjar Kanginan Desa Pekraman Tohpati, Banjarangkan Rabu (14/12).

Untuk diketahui rangkian pujawali ini diawali dengan Ida Ratu Pasek dan semua perelingga (wujud dewa-dewi) tedun/turun untuk dilakukan penyiraman (penyucian) pada 1 hari sebelumnya tepatnya hari selasa dan dilakukan penyineban (selesai) keesokan harinya yaitu kamis.

Pada kesempatan tersebut Kelian Dadia Pasek Kayu Selem, I Ketut Adnyana menyampaikan, rasa apresiasinya selaku wakil dari keluarga Dadia atas berkenannya Bapak Wabup Klungkung bisa menghadiri rangkian Pujawali ini.

“Kami selaku kelian Dadia Pasek kayu selem mengucapkan terima kasih atas berkenannya Bapak Wabup bisa hadir saat ini dan ikut berbaur bersama keluarga kami disini untuk ikut menghaturkan sembah bakti” ungkap Kelian Dadia.

Lebih lanjut dikatakannya, semoga dengan manah (niat) yang suci dan tulus ikhlas dalam sembah bakti ini, Bapak sebagai bagian dari Pimpinan Daerah Kabupaten Klungkung diberikan kesehatan, ketentraman dan kesuksesan dalam mengemban tugas Pemerintahan.

“Dengan rasa syukur, niat suci tulus dan ikhlas dalam aturkan sembah bakti, semoga Bapak dan keluarga diberi kesehatan, ketenangan, ketentraman dan kesuksesan” ujar Ketut Adnyana

Sementara itu Wabup Klungkung, I Made Kasta mengatakan, dirinya sebagai bagian dari umat Hindu sudah sepatutnya mengaturkan sembah bakti kehadapan Ida Sanghyang Widi Wasa (Tuhan) dengan segala wujudnya dewa dewi sebagai rasa syukur atas karunianya.

“Terima kasih atas doa kelian (kepala) dadia dan juga warga dadia Pasek Kayu Selem, kami merupakan bagian dari umat hindu yang juga masih ada kaitannya dengan pasek kayu selem merasa bersyukur bisa ikut bersembahyang saat ini, sehingga bisa berbaur dengan keluarga disini” jelasnya.

Dirinya berharap, semoga keluarga Dadia Pasek Kayu Selem yang merupakan Dadia terbesar di desa¹ Tohpati ini tetap rumaket (bersatu) dalam melaksanakan setiap rangkian pujawali (persembahyangan)

“Lakukan dengan penuh kebersamaan, jangan saling menunjukan keegoan sebab dengan semangat seguyup hingga puput (selesai) pujawali niscaya keluarga dadia kayu selem tohpati semua mendapatkan berkah selamanya” harap Wabup Kasta.

Dalam situasi kekeluargaan dan penuh kekhusukan Wabup Made Kasta dan Ny. Sri Kasta serta warga dadia melakukan persembahyangan bersama untuk memohon keselamatan diri, keluarga dan seluruh alam beserta isinya.

Dalam kegiatan persembahyangan tersebut Wabup Kasta juga menyerahkan bakti Punia kepada Dadia Pasek Kayu Selem yang diterima kelian dadia.[ BJ/IGS ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *