Berita Sarin Gumi Nusantara
RedaksiIndeks
News  

Kapolres Buleleng Atensi Curhatan Petani dan Nelayan Susah Mendapatkan BBM di SPBU dalam kegiatan “Jumat Curhat” di Desa Kaliasem

Buleleng, Balijani.id ~ Duduk bersama bersimpuh diatas pasir, Kapolres Buleleng AKBP I Made Dhanuardana, S.I.K., M.H., menerima curhatan langsung dari masyarakat Desa Kaliasem saat kegiatan “Jumat Curhat”, yang kali ini Jumat (9/12/2022) dilaksanakan di pantai Tanjung Alam Desa Kaliasem Kecamatan Banjar.

Beberapa curhatan yang disampaikan diantaranya susahnya para nelayan dan petani untuk mendapatkan bahan bakar minyak solar di SPBU bahkan dari pihak SPBU menolak untuk melayaninya.

Disampaikan juga, diperairan wilayah Desa Kaliasem terdapat taman laut (Trumbu Karang) yang sering didatangi penyelam untuk mencari ikan, pada saat para nelayan sudah tidak ada dilaut, dilakukan pada dini hari, untuk itu dimohonkan bantuan pengamanan dari pihak Kepolisian.

Tokoh pemuda dari dua kelompok yaitu dari Banser dan Pecalang menginginkan untuk diberikan pengetahuan wawasan kebangsaan agar dipahami bersama demi kesatuan NKRI karena masyarakat Kaliasem penduduknya Hetrogen/beragam, yang selama ini hidup berdampingan dengan penuh torelansi ber-Agama yang tinggi, tercipta keharmonisan dan saling bahu membahu dalam kegiatan Agama.

Menyikapi curhatan masyarakat tersebut kemudian Kapolres Buleleng menyampaikan, untuk masalah pembelian BBM Solar bagi nelayan dan petani yang memerlukannya akan segera ditindak lanjuti dengan instansi terkait dan juga kepada pemilik SPBU yang ada di wilayah Kabupaten Buleleng untuk kiranya dapat meladeni nelayan dan petani yang memerlukan BBM Solar sesuai dengan rekomendasi yang dimilikinya baik dari pemerintah desa dan instansi terkait.

Sedangkan untuk pengamanan trumbu karang yang dimiliki nelayan Desa Kaliasem, akan dilakukan patroli pada jam-jam tertentu (dini hari) oleh Satuan Polairud Polres Buleleng dan diharapkan inforamsi serta kerjasama dari nelayan untuk nantinya sama-sama menjaga dan melestarikan trumbu karang yang ada di perairan Desa Kalasiasem.

Untuk pengetahuan wawasan kebangsaan akan diusahakan dilakukan pemberian materi dari Polres Buleleng sehingga nantinya dapat melaksanakan pedoman penghayatan dan pengamalan Pancasila

“saya pernah membuat buku tentang wawasan kebangsaan, nanti akan diberikan untuk dapat dipedomani”, ucap Kapolres.

Hadir dalam kegiatan “Jumat Curhat) diantaranya Tomas, Toda, Toga, Tokoh pemuda masyarakat Desa Kaliasem. Diberikan apresiasi kepada Kapolres Buleleng karena turun langsung menemui masyarakat dan menerima keluhan / curhatan masyarakat dengan tidak ada jenjang dalam penyampaiannya.

Kapolres Buleleng mengajak kepada seluruh masyarakat yang ada untuk bersama-sama menjaga Harkamtibmas karena harkamtibmas adalah tanggung jawab bersama baik dari unsur keamanan dan elemen masyarakat lainnya sehingga dapat terciptanya harkamtibmas.

“segera sampaikan informasi bila ada gejala gangguan kamtibmas untuk segera dilakukan antisipasi, sehingga dapat dilakukan pencegahan yang dapat membatalkan gangguan kamtibmas” tutup Kapolres .

[ BJ/GPA ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *