Berita Sarin Gumi Nusantara
RedaksiIndeks
News  

Dampingi Bupati Suwirta, Dandim Klungkung Hadiri Perayaan Tumpek Landep

Klungkung, Balijani.id ~ Komandan Kodim ( Dandim ) 1610/Klungkung Letkol Inf Armen, S. Ag., M. Tr. (Han) menghadiri kegiatan persembahyangan bersama dalam rangka perayaan rahina tumpek landep dengan upacara upacara Jana Kerthi/Atma Kerthi dan Pameran Pusaka Tradisonal Bali di Museum Daerah Semarajaya Klungkung, Sabtu ( 05/11/22 ).

Kegiatan yang digelar di Pelataran Pemedal Agung Kerta Gosa, Kelurahan Semarapura Klod, Klungkung tersebut dipimpin langsung Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta yang dihadiri pula oleh Kapolres Klungkung, Ketua DPRD,PHDI dan MDA Klungkung serta undangan lainnya.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengatakan, berdasarkan instruksi Gubenur Bali No 5 Tahun 2022 pelakasanaan tata titi kehidupan masyarakat Bali era baru, dalam kegiatan Jan Kerthi/Atma Kerrhi ini terbagi menjadi dua inti kegiatan yaitu skala dan niskala.

Kegiatan niskala yaitu upacara di Pemedal Pemedal Agung Kerta Gosa dan Kegiatan skala dilaksanakan di Museum Daerah Semarajaya Klungkung berupa pameran pusaka tradisional Bali yang sebagian besar merupakan peninggalan pusaka dari Kerajaan Klungkung yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Klungkung, “ungkapnya.

Sementara itu Dandim 1610/Klungkung Letkol Inf Armen, S. Ag., M. Tr. (Han) menyampaikan bahwa, disamping memiliki pesona pariwisata yang sudah mendunia, Bali adalah salah satu daerah yang memiliki perpaduan unsur budaya, adat istiadat, maupun kepercayaan yang sangat kental, salah satunya perayaan Tumpek Landep ini.

Perayaan Tumpek Landep ini adalah ungkapan rasa terima kasih dan rasa syukur umat Hindu terhadap Sang pencipta yang turun ke dunia dan memberikan ketajaman pemikiran kepada manusia. Adapun ketajaman itu layaknya senjata yang berbentuk lancip seperti keris, tombak dan pedang, “pungkasnya.[ BJ/IGS ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *