Berita Sarin Gumi Nusantara
RedaksiIndeks
News  

Prodi BKK IAKN Kupang Sukses Lakukan PKM Di Kabupaten TTS

Nusa Tenggara Timur, Balijani.id ~

Sejumlah Dosen dan pegawai serta Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Kristen Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Kupang sukses melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di SMPN I Soe, Kabupaten TTS, Provinsi Nusa Tenggara Timur yang telah dilakukan dalam waktu yang tak lama ini.

Kegiatan PKM tersebut dibuka oleh langsung oleh Rektor IAKN Kupang, Dr.Harun Y.Natonis, M.Si bersama Kadis PPO Kab.TTS, yang diwakili oleh Kabid Pendidikan SMP, Drs.David O. Mbolik.

Kegiatan itu berlangsung selama dua hari yang diikuti oleh siswa dan sejumlah guru SMPN I Soe dan dinas terkait serta tamu undangan lainnya.

Sesuai informasi yang di rampung media ini kegiatan yang dilakukan yakni, seminar sehari dengan materi yang dibawakan oleh Tim PKM Prodi BKK IAKN Kupang dan tes Intelegensi bagi siswa/i SMPN I Soe.

Dalam sambutannya Rektor IAKN Kupang, Dr.Harun Y.Natonis, M.Si meminta kepada Pemda Kab.TTS melalui dinas terkait agar mendukung kegiatan ini agar bermanfaat untuk peserta didik di seluruh sekolah-sekolah yang ada di wilayah Kab.TTS.

Sementara itu, dalam sambutanya, Kabid Pendidikan SMP, Drs. David O.Mbolik, pihaknya menyampaikan apresiasi kepada Prodi BKK IAKN Kupang yang telah berinisiatif untuk melakukan kegiatan tersebut.

Menurut David, kegiatan ini merupakan kegiatan perdana yang belum pernah dilakukan oleh Perguruan Tinggi lainnya, maka perlu kami beri dukungan agar siswa-siswi tertolong dalam memahami potensi yang ada dalam diri mereka. Selain itu menurut David, kegiatan ini dapat membantu para guru dalam mengembangkan potensi siswa atau dapat menyelesaikan setiap kesulitan atau persoalan yang dialami oleh siswa itu sendiri, “Ungkapnya”

Dalam laporannya, Ketua Panitia, Gusti Y. Sette, M.Si, menjelaskan bahwa kegiatan ini diharapakan agar peserta didik dapat mengenal potensi diri melalui berbagai macam kegiatan antara lain tes intelegensi, tes kepribadian dan juga mengembangkan potensi diri secara optimal sesuai dengan kemampuan dan kepribadian mereka.

“Hal lain menurut Gusti, tujuan dari pengenalan Potensi diri karena secara total siswa dapat diketahui kemampuan dasar kepribadian yang masih terpendam dan belum dimunculkan menjadi kekuatan yg nyata,”Jelas Gusti”.

“Akhir kegiatan tersebut ditutup oleh Ketua Prodi BKK, Gusti Y.Sette, M.Si dengan Harapan besar melalui Pemda Kab.TTS dan ketua komisi IV DPRD Kab.TTS, dan dinas terkait dapat menjalin kerja sama yang baik sehingga kegiatan seperti ini dapat berkelanjutan lagi di setiap sekolah yang ada di wilayah Kab.TTS, “harapnya”.

“Untuk maksud itu, maka hal yang dianggap urgen bagi Ketua Prodi BKK, tidak hanya tes

intelegensi dan kepribadian serta minat dan bakat tapi tujuan utama siswa dapat memilih jurusan sesuai kemampuan ketika tamat dari pendidikan menengah menuju Perguruan Tinggi, “tutup Gusti”.

[Jitro/020.NTT]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *