Berita Sarin Gumi Nusantara
RedaksiIndeks
News  

Mahasiswa IAKN Kupang Dilatih Untuk Berwirausaha

Nusa Tenggara Timur, Balijani.id, –

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Kristen (PAK) pada Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Kupang dilatih untuk mengembangkan kreatifitas dan potensi diri dalam mata kuliah Kewirausahaan yang dilakukan melalui” Kegiatan Pameran dan Bazar Hasil Inovasi Mahasiswa”.

Kegiatan ini dilakukan oleh mahasiswa semester VI dari sejumlah kelas pada Program Studi PAK yang dilakukan dihalaman kampus IAKN Kupang. Senin, 27/06/2022.Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Rektor IAKN Kupang, Dr Harun Y. Natonis, M.Si,Warek II, III, Para Dekan, Dosen dan Pegawai serta sejumlah mahasiswa dari Program Studi lainnya.

Pada kesempatan itu, Rektor IAKN Kupang, Dr.Harun Y.Natonis, M.Si mengatakan bahwa
kreativitas dan Inovasi menjadi hal penting bagi mahasiswa Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Kupang melalui produk yang diciptakan oleh mahasiswa itu, memiliki nilai jual tersendiri.

Menurut Dr.Harun, apa yang dilakukan mahasiswa hari ini merupakan kegiatan perdana IAKN Kupang dimana sebagai ajang bagi mahasiswa untuk pengembangan diri melalui mata kuliah Kewirausahaan yang diasuh oleh tim teaching.

Melalui kegiatan ini Dr.Harun menilai bahwa mahasiswa telah mampu menunjukkan potensi dirinya sehingga dapat memamerkan berbagai produk yang dihasilkan melalui karyanya sendiri.

Untuk itu, kegiatan ini harus terus dilakukan setiap tahun agar
mahasiswa dilatih untuk memiliki jiwa kewirausahaan secara mandiri sehingga alumni dari lembaga ini tidak hanya berharap menjadi Pegawai Negeri Sipil namun dapat mengembangkan potensi dirinya melalui wirausaha secara mandiri”, pinta Dr.Harun”.

Akhir kegiatan tersebut, Rektor Dr. Harun Y. Natonis, M.Si meminta kepada seluruh mahasiswa dari sejumlah Program Studi yang ada di setiap fakultas untuk wajib mempersiapkan berbagai produk secara murni dari hasil buatan mahasiswa itu sendiri tanpa copy paste produk orang lain dan dapat di buktikan dengan dokumentasikan melalui vidio dari tahapan persiapan alat, bahan dan cara
pembuatan hingga hasil akhir untuk dipamerkan
pada saat kegiatan menyongsong perayaan HUT RI pada bulan Agustus mendatang ini,”Jelas Dr.Harun”.

Disinggung mengenai program kampus merdeka belajar, Dr.Harun kembali mengingatkan bahwa mahasiswa dapat belajar dari berbagai jurusan di setiap kampus maupun masyarakat baik itu pertanian, perkebunan dan lainnya sebagai inovasi dalam mengembangkan diri di lapangan kedepannya.

Diwaktu yang sama tim teaching mata kuliah Kewirausahaan, Nofriana Baun, M.Pd.K,
Dr. Demaris Koli, Yanti Y. E. Solle, M.Pd, FransiskaNggeong, M.Pd, menjelaskan bahwa pameran ini merupakan hasil inovasi mahasiswa agar menunjukan bahwa mahasiswa PAK juga mempunyai potensi yang bukan hanya dinilai lewat materi dikelas namun dapat dinilai juga melalui praktek secara nyata.

“Melalui mata kuliah ini mahasiswa dapat dibekali untuk meningkatkan jiwa, sikap, pengetahuan dan ketrampilan di bidang kewirausahaan sehingga melalui potensi yang di miliki dapat menolong diri mereka kedepannya, “ungkap Nofriana”.

Sesuai pantauan media ini dapat dilihat bahwa terdapat sejumlah produk mahasiswa yang dibasarkan antara lain,
– Puding Coklat Fla
– Jagung Goreng
– Pisang Bola Coklat
– Kripik Singkong Balado
– Ayam Suir
– Ikan Suir
– Nasi Kacang Kosong
– Burjo
– Salome mercon
– Es buah
– Jagung Bose Toping
– Ikan Lawar
– Klepon
– Nasi Kuning Sayur Daun
– Telur Bumbu
– Keripik Ubi Jalar
– Makaronih
– Cucur
– Kue Romhuren
– Kue Bruder
– Kue Roti kukus
– Kue Panada
– Kue Bendera
– Waji
– Ananas
– Ubi goreng
– Seblak Pedas

Kerajinan Tangan

– Selendang
– Tempat Tisu
– Tempat Bolpoint
– Hiasan Dinding
– Bunga Jertas/Plastik

Kegiatan ini pun telah menyita perhatian dari seluruh civitas akademika IAKN Kupang serta begitu antusiasnya pengunjung untuk ikut menikmati berbagai jenis makan dan minuman serta membeli berbagai jenis kerajinan tangan produk mahasiawa yang disediakan di setiap stand dengan harga terjangkau.

[Jitro/020.NTT]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *