Berita Sarin Gumi Nusantara
RedaksiIndeks

Polsek Rungkut Luncurkan Program Halo Pak Bhabin, Polisi Video Call Dengan Pemilik Rumah

Caption : Polsek Rungkut Luncurkan Program Halo Pak Bhabin, Polisi Video Call Dengan Pemilik Rumah

Surabaya, Balijani.id – Polsek Rungkut meluncurkan program Halo Pak Bhabin untuk mempermudah masyarakat mengawasi rumahnya yang sedang kosong karena ditinggal mudik lebaran.

Program yang digagas oleh Kapolsek Rungkut tersebut sudah berjalan mulai Kamis (28/04/2022).

Dihubungi awak media Kapolsek Rungkut Kompol Bambang Prakoso menjelaskan, program tersebut ia buat khusus agar masyarakat tetap tenang meninggalkan rumahnya saat mudik lebaran.

Dari data yang ia himpun melalui RT/RW sekitar 80% warga Rungkut meninggalkan rumah untuk mudik ke kampung halaman.

“Karena sudah 2 tahun pandemi tidak bisa mudik, saya rasa perlu terobosan khusus untuk mengamankan rumah-rumah yang ditinggalkan mudik oleh sebab itu kami luncurkan program Halo Pak Bhabin ini,” ujar Bambang, Jumat (06/05/2022).

Lewat program ini, masyarakat Rungkut yang rumahnya kosong, bisa menghubungi Polsek Rungkut untuk meminta anggota polisi memeriksa kondisi rumahnya lewat video call.

“Jadi kita sediakan nomor, nanti anggota yang piket akan meninjau rumah dan melakukan video call agar pemilik rumah bisa mengetahui kondisi rumah yang ditinggalkan,” imbuh Bambang.

Dalam program ini, Bambang melibatkan 30 personil yang disiapkan secara khusus untuk melayani masyarakat. Mengingat, sebagian besar wilayah Rungkut adalah perumahan. Ditanya kapan berakhirnya program Halo Pak Bhabin, Bambang menegaskan jika ia masih mengkaji agar sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Sesuai jadwal seharusnya sampai tanggal 9 Mei 2022 namun masih kita kaji jika memungkinkan akan kami perpanjang sampai 17 Mei sekaligus dalam rangka Kegiatan Rutin yang Ditingkatkan,” tegas Bambang.

Sementara itu, Rohman (25) salah satu warga Rungkut yang mudik ke Kediri mengucapkan terimakasih kepada Polsek Rungkut karena telah membantu memudahkan masyarakat untuk mengawasi rumah yang ditinggal.

“Saya mudik ke Kediri mas ya lumayan lama 6 harian lah soalnya kan kemarin 2 tahun ga pulang. Kami sekeluarga terbantu sekali karena kadang ya kepikiran kondisi rumah bagaimana, tapi berkat program Halo Pak Bhabin ini membuat saya bisa lihat kondisi rumah lewat teknologi yang ada,” pungkasnya

Reporter : Redho Fitriyadi (012/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *