Menu
Berita Sarin Gumi Nusantara

Agung Astara : Pesan Kehidupan Melalui Pendekatan Budaya

  • Bagikan
Ket Photo : A.A. Ketut Ngurah Astara /Pengamat Budaya Bali

Denpasar, Balijani.id – Indonesia adalah negeri luhur yang memiliki keragaman budaya serta adat istiadat yang kuat, dan telah mengakar ke dalam sendi-sendi kehidupan. Banyak produk budaya hasil karya cipta leluhur kita di masa lampau, yang bisa menjadi rujukan kita untuk senantiasa eling dalam menjalani tugas hidup ini.

Masyarakat kita, di Indonesia pada umumnya, sering menyampaikan pesan-pesan kehidupan melalui pendekatan budaya, atau pesan-pesan kehidupan lainnya seperti yang diisyaratkan leluhur kita, melalui prasasti maupun karya-karya sastra di masa lampau.

Caption : Seni dan Budaya Bali

A.A Ketut Ngurah Astara

Pesan-pesan kehidupan melalui pendekatan budaya, hanya bisa ditangkap dengan penghayatan dan pemahaman murni oleh pemangku budaya itu sendiri. Penghayatan dapat dicerna sebagai falsafah hidup, bila cara menghayatinya dalam konteks wawasan.

Pemaknaan pesan-pesan tersebut sangat membantu bila terdapat kemampuan filosofis dan kedalaman batin yang arif untuk memperoleh nilai-nilai luhur universal yang bisa diterima dengan nyaman, untuk kemudian mampu diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Kebudayaan adalah hasil olah cipta batiniah dan ekspresi gerak manusia dalam kerangka struktur multidimensional, yang pada akhirnya akan bermuara dan bersumber kepada Sang Pencipta. Pesan kehidupan, melalui budaya akan tercermin dari sikap welas asih, cinta kasih.

Itulah pesan utama kebudayaan, karena kebudayaan dibangun untuk menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, serta menjadi kekuatan moral dan kekuatan sosial dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Semoga kita bisa lebih arif dalam memotret realita hidup yang semakin tidak menentu ini.

A.A Ketut Ngurah Astawa /Pengamat Budaya Bali

Penulis/editor : Nyoman Sarjana

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *